Penerapan Model Pembelajaran Online Project Based Learning dengan Perpaduan Collaborative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komposisi Foto Digital pada Siswa Multimedia SMK Negeri Takeran

Susanti, Anita Dian (2018) Penerapan Model Pembelajaran Online Project Based Learning dengan Perpaduan Collaborative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komposisi Foto Digital pada Siswa Multimedia SMK Negeri Takeran. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (772Kb)

    Abstract

    Anita Dian Susanti. K3513015. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ONLINE PROJECT BASED LEARNING DENGAN PERPADUAN COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPOSISI FOTO DIGITAL PADA SISWA MULTIMEDIA SMK NEGERI TAKERAN. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Komposisi Foto Digital melalui penerapan model pembelajaran Online Project Based Learning dengan perpaduan Collaborative Learning pada siswa Multimedia SMK Negeri Takeran. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus yang berupa kolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri Takeran yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Online Project Based Learning dengan perpaduan Collaborative Learning dapat meningkatkan hasil belajar Komposisi Foto Digital pada siswa kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri Takeran. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai kognitif, afektif, dan psikomotorik pada setiap siklusnya. Pada pratindakan nilai rata-rata tes kognitif siswa sebesar 69,82 dengan ketuntasan 22,73% atau sebanyak 5 siswa dari 22 siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata kognitif mencapai 77,5 dengan ketuntasan 63,64% atau sebanyak 14 siswa dari 22 siswa, sedangkan nilai rata-rata afektif mencapai 75 (kategori baik) dan nilai rata-rata psikomotorik mencapai 78,33. Pada siklus II, nilai rata-rata kognitif meningkat lagi menjadi 83,95 dengan ketuntasan 81,82% atau sebanyak 18 siswa dari 22 siswa, sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 90 (kategori sangat baik) dan nilai rata-rata psikomotorik meningkat menjadi 86,67. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Online Project Based Learning dengan perpaduan Collaborative Learning dapat meningkatkan hasil belajar Komposisi Foto Digital pada siswa Multimedia SMK Negeri Takeran. Kata Kunci : hasil belajar, model pembelajaran Online Project Based Learning, Collaborative Learning, komposisi foto digital.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    T Technology > TR Photography
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 14 May 2018 13:39
    Last Modified: 14 May 2018 13:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41031

    Actions (login required)

    View Item