Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Peluang Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2016/2017

H, ANGGIT SETIYO (2018) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Peluang Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (627Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Anggit Setiyo Hermawan. K1312009. ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PELUANG DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 NGEMPLAK TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui jenis dan penyebab kesulitan siswa kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 1 Ngemplak yang mempunyai kecerdasan logis matematis tinggi dalam memecahkan masalah matematika materi peluang (2) mengetahui jenis dan penyebab kesulitan siswa kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 1 Ngemplak yang mempunyai kecerdasan logis matematis sedang dalam memecahkan masalah matematika materi peluang (3) mengetahui jenis dan penyebab kesulitan siswa kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 1 Ngemplak yang mempunyai kecerdasan logis matematis rendah dalam memecahkan masalah matematika materi peluang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode tes dan wawancara berbasis tugas. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Ngemplak yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan menggunakan instrumen bantu berupa tes kecerdasan logis matematis dan kemampuan komunikasi siswa. Selanjutnya, identifikasi kesulitan siswa berdasarkan penelitian Yeo (2009). Validitas yang digunakan adalah triangulasi waktu. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, reduksi data, menyusun data dalam satuan, mengadakan pemeriksaan keabsahan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan kesulitan siswa pada setiap kategori kecerdasan logis matematis siswa. Jenis dan penyebab kesulitan siswa sebagai berikut : (1) Jenis kesulitan siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi adalah siswa kesulitan dalam melakukan prosedur matematika yang benar. Hal ini disebabkan karena siswa merasa materi peluang sulit dipahami dan siswa merasa bingung karena setiap soal mempunyai cara yang berbeda dalam menentukan unsur yang dicari dengan benar (2) Jenis kesulitan siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang adalah kesulitan dalam menentukan strategi yang tepat. Hal ini disebabkan karena siswa tidak paham tentang konsep dari materi yang diberikan. Siswa juga kesulitan dalam melakukan prosedur matematika yang benar. Hal ini disebabkan karena masalah peluang sulit untuk dipahami sehingga sulit dalam menentukan unsur yang dicari dengan benar (3) Jenis kesulitan siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah adalah kesulitan dalam memahami soal yang diberikan. Hal ini disebabkan karena siswa merasa kata-kata dalam soal peluang membingungkan. Siswa kesulitan dalam menentukan strategi yang tepat. Hal ini disebabkan karena siswa tidak memahami konsep materi peluang dengan baik. Siswa kesulitan dalam membuat kalimat matematika. Hal ini disebabkan karena siswa tidak mengetahui simbol-simbol dalam materi peluang. Siswa juga kesulitan dalam melakukan prosedur matematika yang benar. Hal ini disebabkan karena siswa kesulitan dalam memahami materi peluang. Kata Kunci: kesulitan, memecahkan masalah, peluang, kecerdasan logis matematis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 14 May 2018 13:29
    Last Modified: 14 May 2018 13:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41029

    Actions (login required)

    View Item