Official Account LINE Sebagai Pemenuhan Kebutuhan (Studi Korelasi Antara Aktivitas Menggunakan Official Account LINE Liputan6.com Dengan Pemenuhan Kebutuhan Pada Pengguna LINE Di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Program S1 Transfer FISIP Universitas Sebelas Maret SurakartaAngkatan 2014-2016)

C, ANGGA DAMAR (2018) Official Account LINE Sebagai Pemenuhan Kebutuhan (Studi Korelasi Antara Aktivitas Menggunakan Official Account LINE Liputan6.com Dengan Pemenuhan Kebutuhan Pada Pengguna LINE Di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Program S1 Transfer FISIP Universitas Sebelas Maret SurakartaAngkatan 2014-2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (30Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Angga Damar Christiwijayanta, D1213008, Official Account LINE Sebagai Pemenuhan Kebutuhan (Studi Korelasi Antara Aktivitas Menggunakan Official Account LINE Liputan6.com Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pada Pengguna LINE Di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Program S1 Transfer FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2015-2016) Penggunaan media online muncul karena adanya motivasi dari individu untuk melakukan aktivitas penggunaan media online untuk mencapai tujuan yang dikehendaki atau mendapatkan kepuasan sehingga kebutuhannya terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara aktivitas menggunakan Official Account LINE Liputan6.com dengan pemenuhan kebutuhan informasi di kalangan mahasiswa FISIP UNS Ilmu Komunikasi Program S1 Transfer angkatan 2014 - 2016. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yang dapat menjelaskan hubungan kedua variabel tersebut adalah Teori Uses and Gratifications dari Katz, Blumler & Gurevith. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode explanatory research. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode angket dengan menggunakan sampel 100% dari populasi yaitu sebesar 33 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik Survey. Berdasarkan temuan penelitian diketahui tingkat aktivitas penggunaan media online responden (51,5%) masuk kategori sedang. Sedangkan tingkat kepuasan pemenuhan kebutuhan di kalangan responden tergolong sedang (60,6%). Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan, Terdapat hubungan yang berarti antara aktivitas menggunakan official account LINE dengan pemenuhan kebutuhan informasi dikalangan mahasiswa ilmu komunikasi non reguler FISIP Angkatan 2015-2016 dengan nilai signifikansi sebesar 0,031 kurang dari α= 0,05 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,718 menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan positif yang kuat. Kata kunci : Media Online, Aktivitas Penggunaan Media Online, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Teori Uses and Gratifications.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 14 May 2018 13:23
    Last Modified: 14 May 2018 13:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41027

    Actions (login required)

    View Item