PENGEMBANGAN BUKU AJAR MENULIS CERITA ANAK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KOTA SURAKARTA

DARSONO, DARSONO (2018) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MENULIS CERITA ANAK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KOTA SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1215Kb)

    Abstract

    Darsono. 2018. Pengembangan Buku Ajar Menulis Cerita Anak Berbasis Pendidikan Karakter di sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Surakarta. TESIS. Pembimbing: Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd. Kopembimbing: Dr. Winarno, S.Pd, M.Si. Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: 1) Mengembangkan buku ajar menulis cerita anak berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerita anak pada siswa kelas empat Sekolah Dasar; 2) mengetahui kelayakan buku ajar menulis cerita anak berbasis pendidikan karakter; 3) mengetahui keefektifan buku ajar menulis cerita anak berbasis pendidikan karakter. Penelitian pengembangan buku ajar menulis cerita anak berbasis pendidikan karakter ini menggunakan prosedur Borg and Gall yang disederhanakan oleh Sukmadinata menjadi tiga tahap, yaitu: 1) studi pendahuluan,dengan menelaah kondisi buku ajar menulis cerita yang selama ini ada di lapangan, serta menganalisis akan kebutuhan buku ajar menulis cerita anak berbasis pendidikan karakter, 2) pengembangan produk,dengan melakukan penyusunan produk, dilakukan FGD, disertai kegiatan review, uji coba produk, evaluasi dan revisi, 3) pengujian keefektifan, dengan proses membuktikan dengan penggunaan buku ajar menulis cerita anak berbasis pendidikan karakter efektif meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerita anak dandilanjutkan dengan kegiatan desiminasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) kondisi buku ajar menulis cerita yang ada selama ini belum mencukupi dan tingkat relevansinya perlu untuk disempurnakan. Sesuai dengan kebutuhan tersebut disusunlah prototipe buku ajar menulis cerita anak berbasis pendidikan karakter, 2) pada proses pengembangan ditetapkanya prototipe buku ajar menulis cerita anak berbasis pendidikan karakter sebagai buku ajar menulis cerita anak berbasis pendidikan karakter,layak untuk kegiatan pembelajaran menulis cerita siswa kelas empat sekolah dasar, 3) berdasarkan hasil uji keefektifan dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku ajar menulis cerita anak berbasis pendidikan karakter lebih efektifdaripada menggunakan buku konvensional. Kata Kunci: buku ajar, menulis cerita, keterampilan, pendidikan karakter.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 14 May 2018 11:08
    Last Modified: 14 May 2018 11:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41017

    Actions (login required)

    View Item