PENERAPAN NILAI – NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN WAYANG WAHYU DI SANGGAR BHUANA ALIT DESA KANUTAN KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN 2017

S, CICILLIA SANTI (2018) PENERAPAN NILAI – NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN WAYANG WAHYU DI SANGGAR BHUANA ALIT DESA KANUTAN KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN 2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (488Kb)

    Abstract

    Cicillia Santi Suksesi. K3212015. PENERAPAN NILAI – NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN WAYANG WAHYU DI SANGGAR BHUANA ALIT DESA KANUTAN KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2017. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan (1) Penerapan Nilai – Nilai Karakter di Sanggar Bhuana Alit (2) Proses pembelajaran Wayang Wahyu yang meliputi tujuan, metode, media, materi dan evaluasi di Sanggar Bhuana Alit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik anggota sanggar bhuana alit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitan yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan: informan, tempat dan peristiwa, dan dokumentasi dalam proses belajar mengajar. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi metode dan review informant. Analisis data yang digunakan adalah analisis model mengalir yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. . Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Penerapan nilai – nilai karakter terdapat pada dua aspek, yaitu aspek cerita tokoh wayang wahyu dan aspek pembelajaran wayang wahyu. Pembelajaran Wayang Wahyu di sanggar bhuana alit termasuk dalam pembelajaran nonformal. Pembelajaran wayang wahyu bertujuan untuk menumbuh minat peserta didik kepada budaya nusantara. Metode yang digunakan adalah belajar sambil bermain, dengan penyampaian materi secara ceramah dan demonstrasi. Media yang digunakan adalah papan tulis dan laptop. Materi yang diajarkan adalah dasar – dasar olah sabet dan cara memainkan lancaran gambuh pathet nem. Evaluasi dilaksanakan secara nontes dengan cara pengamatan langsung dan tanya jawab antara fasilitator dan peserta didik. Kata kunci : Pembelajaran non formal. Wayang Wahyu. Kesenian.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 14 May 2018 10:57
    Last Modified: 14 May 2018 10:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41015

    Actions (login required)

    View Item