PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA DONGENG BERWAWASAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

A, CICILIA CLARA DEVI (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA DONGENG BERWAWASAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (605Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan menjelaskan kebutuhan bahan ajar cerita dongeng berwawasan nilai-nilai pendidikan karakter untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas III Sekolah Dasar; (2) mendeskripsikan dan menjelaskan draft awal (prototype) bahan ajar cerita dongeng; (3) mendeskripsikan dan menjelaskan pengembangan prototype bahan ajar menjadi bahan ajar cerita dongeng berwawasan nilai-nilai pendidikan karakter untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif; (4) menguji keefektifan bahan ajar cerita dongeng berwawasan nilai-nilai pendidikan karakter untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif pada siswa kelas III di Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan bahan ajar cerita dongeng ini menggunakan prosedur Borg and Gall yang dimodifikasi yang terdiri dari 3 tahap yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) studi pengembangan, dan 3) tahap uji keefektifan. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan bahan ajar berdasarkan skor kriteria, analisis respon guru serta siswa terhadap bahan ajar, dan analisis tes keterampilan membaca intensif cerita dongeng melaui t-test. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) guru dan siswa membutuhkan bahan ajar yang dapat memotivasi; sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa selaku pengguna bahan ajar; lengkap, berwawasan nilai-nilai pendidikan karakter dan mudah dipahami; (2) Bahan ajar cerita dongeng berwawasan nilai-nilai pendidikan karakter dikembangkan berdasarkan kebutuhan bahan ajar guru dan siswa selaku pengguna bahan ajar, kurikulum, nilai-nilai pendidikan karakter siswa, dengan memperhatikan kriteria kelayakan bahan ajar dan kriteria bahan ajar yang baik. Penyusunan bahan ajar cerita dongeng dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah: menganalisis kebutuhan bahan ajar; menganalisis kurikulum terkait SK dan KD keterampilan mmbaca intensif cerita dongeng; membuat peta kompetensi yang harus dikuasai peserta didik; pengumpulan materi; menentukan nilai-nilai pendidikan karakter yang akan diintegrasikan dalam bahan ajar; merancang desain; membuat petunjuk belajar; membuat tugas-tugas dan penilaian. Prototype yang telah disusun selanjutnya didiskusikan dengan pengguna bahan ajar untuk mengetahui tanggapan dan masukan yang bermanfaat untuk menyempurnakan prototype; (3) bahan ajar cerita dongeng berwawasan nilai-nilai pendidikan karakter memenuhi kriteria kelayakan bahan ajar melalui expert’s judgment dan uji coba ditinjau dari kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan grafika; (4) bahan ajar cerita dongeng berwawasan nilai-nilai pendidikan karakter efektif meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas III Sekolah Dasar di Kabupaten Grobogan berdasarkan uji independet sample t-test. nilai postes kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan bahan ajar cerita dongeng berwawasan nilai-nilai pendidikan karakter dan nilai postes kelompok kontrol yang pembelajarannya menggunakan bahan ajar lama mendapatkan signifikansi sebesar 0,034 < 0,05, artinya bahan ajar cerita dongeng berwawasan nilai-nilai pendidikan karakter efektif meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas III Sekolah Dasar. Kata kunci: bahan ajar; keterampilan membaca intensif cerita dongeng; nilai-nilai pendidikan karakter, R & D; sekolah dasar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 14 May 2018 10:44
    Last Modified: 14 May 2018 10:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41014

    Actions (login required)

    View Item