Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Siswa Tingkat SMA pada LBB Primagama Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017

ANDOYO, ANDOYO (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Siswa Tingkat SMA pada LBB Primagama Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (714Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Andoyo. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SISWA TINGKAT SMA PADA LBB PRIMAGAMA SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah dimensi kualitas pelayanan (Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, Responsiveness) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasansiswa LBB Primagama Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017 ? (2) apakah dimensi kualitas pelayanan (Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, Responsiveness) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasansiswa LBB Primagama Sukoharjo tahunajaran 2016/2017 ? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA yang terdiri dari kelas X sejumlah 24 siswa, kelas XI sejumlah 35 siswa dan kelas XII sejumlah 13 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh atau total sampel karena sampel kurang dari 100. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada responden.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) uji multikolinieritas, (2) uji heteroskedastisitas, (3) uji normalitas, (4) uji linieritas, (5) uji autokorelasi. Dalam penelitian ini digunakan uji F, uji T dan koefisien determinasi (Adjusted R Square) untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan melalui uji ANOVA didapat nilai F sebesar 76,158 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (0,000<0,05). Nilai probabilitas nilai t atau nilai signifikan adalah : (1) variabel reliability dengan besaran probabilitas 0,001 (p<0,05), (2) variabel assurane dengan besaran probabilitas 0,014(p<0,05), (3) variabel tangible dengan besaran probabilitas 0,029(p<0,05), (4) variabel Empathy dengan besaran probabilitas 0,012 (p<0,05), (5) variabel responsiveness dengan besaran probabilitas 0,022 (p<0,05). Nilai koefisien determinan atau Adjusted R Square adalah 0,841. Simpulan dari penelitian ini adalah 84,1% kepuasan siswa LBB Primagama Sukoharjo dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang meliputi variabel reliability, assurance, tangible, empathy, dan responsiveness. Sisanya sebesar 15,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: jasa pendidikan, kualitas pelayanan, kepuasan siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 12 May 2018 16:55
    Last Modified: 12 May 2018 16:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41007

    Actions (login required)

    View Item