ARGUMENTASI KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAPPUTUSAN SURAT DAKWAAN BATAL DEMI HUKUM DAN PERTIMBANGAN HAKIM MEMUTUS PERKARA PENAMBANGAN DI CAGAR ALAM (Studi Putusan Mahkamah AgungNomor 2553K / Pid.Sus / 2015)

SULISTYO, ALDO JEFRY (2018) ARGUMENTASI KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAPPUTUSAN SURAT DAKWAAN BATAL DEMI HUKUM DAN PERTIMBANGAN HAKIM MEMUTUS PERKARA PENAMBANGAN DI CAGAR ALAM (Studi Putusan Mahkamah AgungNomor 2553K / Pid.Sus / 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1247Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Aldo Jefry Sulistyo.2017.E0012022. ARGUMENTASI KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN SURAT DAKWAAN BATAL DEMI HUKUM DAN PERTIMBANGAN HAKIM MEMUTUS PERKARA PENAMBANGAN DI CAGAR ALAM (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 2553K / Pid.Sus / 2015) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui argumentasi kasasi yang diajukan oleh Penuntut Umum terhadap putusan Surat Dakwaan batal demi hukum telah sesuai Pasal 253 KUHAP dan pertimbangan Hakim dalam memutus perkara penambangan liar di kawasan cagar alam telah sesuai Pasal256 jo Pasal 193 Ayat (1) KUHAP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum, bersifat preskriptif. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, pengumpulan bahan hukum dengan cara studi pustaka, menggunakan pendekatan kasus dan teknik analisis bahan hukum menggunakan metode silogisme dan interpretasi dengan menggunakan pola berpikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwaArgumentasi dan alasan yang diberikan oleh Penuntut Umum dalam mengajukan Kasasi kepada Mahkamah Agung telah Sesuai Pasal 253 KUHAP. Penuntut Umum beralasan bahwa Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Gorontalo tidak menerapkan hukum atau menerapkan hukum tidak sebagaimana mestinya. Alasan yang digunakan Penuntut Umum ini telah didasarkan pada Pasal 253 ayat (1) KUHAP, sehingga Mahkamah Agung menerima permohonan Kasasi yang diajukan oleh Penuntut Umum. Kemudian, Argumentasi yang diberikan oleh Penuntut Umum dalam permohonan Kasasi yang diajukan kepada Mahkamah Agung juga sesuai dengan Alasan Kasasi yang telah diajukan. Pertimbangan Hakim Mahkamah Agung dalam memutus perkara permohonan Kasasi yang diajukan oleh Penuntut Umum juga sudah sesuai dengan Pasal 256 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP. Hal itu dapat dilihat dalam putusan Hakim Mahkamah Agung yang mengabulkan permohonan Kasasi dengan membatalkan putusan Pengadilan Tinggi Gorontalo, Nomor: 27/Pid.Sus/2015/PT.GTO yang mnyatakan Surat Dakwaan yang diajukan oleh Penuntut Umum Batal Demi Hukum, dan mengadili sendiri menyatakan Menyatakan Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana “Dengan sengaja melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan perubahan terhadap keutuhan kawasan cagar alam dan keutuhan zona inti taman nasional” sebagaimana dalam dakwaan kumulatif kesatu dan menjatuhkan pidana penjara kepada terdakwa. Kata Kunci:Argumentasi Kasasi, Pertimbangan Hakim, Surat Dakwaan Batal Demi Hukum, Penambangan di Kawasan Cagar Alam

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    K Law > KZ Law of Nations
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 11 May 2018 21:21
    Last Modified: 11 May 2018 21:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40988

    Actions (login required)

    View Item