EKSPERIMENTASI MODEL PBL MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI PADA MATERI GERAK LURUS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BANYUDONO

NUGROHO, AKMAL FAIZAL (2018) EKSPERIMENTASI MODEL PBL MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI PADA MATERI GERAK LURUS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BANYUDONO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1536Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Akmal Faizal Nugroho. K2311004. EKSPERIMENTASI MODEL PBL MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI PADA MATERI GERAK LURUS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BANYUDONO. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada atau tidak adanya perbedan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran PBL melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X SMK Negeri 1 Banyudono pada materi Gerak Lurus; (2) ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara motivasi belajar siswa kategori tinggi , sedang, dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X SMK Negeri 1 Banyudono pada materi Gerak Lurus; dan (3) ada atau tidak adanya Interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran melalui metode eksperimen dan demonstrasi dan motivasi siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X SMK Negeri 1 Banyudono pada materi Gerak Lurus. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah semua siswa kelas X SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2015/2016. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dan didapatkan sampel penelitian yaitu siswa kelas X KPR 1 dan X KPR 2. Data diperoleh melalui teknik dokumen, teknik angket untuk data motivasi belajar siswa, dan teknik tes untuk data kemampuan kognitif Fisika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalan dengan frekuensi sel tak sama. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran PBL melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas VII SMK Negeri 1 Banyudono pada materi Gerak Lurus (FA = 4,495< F0,05;1;61 = 4,00); (2) ada perbedaan pengaruh antara motivasi belajar siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X SMK Negeri 1 Banyudono pada materi Gerak Lurus (FB =3708,31 > F0,05;1;61 = 4,00); dan (3) tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL melalui metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X SMK Negeri 1 Banyudono pada materi Gerak Lurus (FAB = -3698,401 < F0,05;1;67 = 4,00). Kata Kunci : model pembelajaran PBL, metode eksperimen, metode demonstrasi, motivasi belajar siswa, kemampuan kognitif Fisika siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 11 May 2018 21:18
    Last Modified: 11 May 2018 21:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40987

    Actions (login required)

    View Item