Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

BUSTOMI, AFIF HASBI (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1021Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Buku teks fisika SMA yang kontekstual masih kurang sehingga perlu dikembangkan bahan ajar berupa modul untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik modul Fisika SMA berbasis CTL pada materi Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor; 2) mengukur kelayakan modul Fisika SMA berbasis CTL, dan 3) meningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) mengacu pada Puslitjaknov (2008) yang memiliki lima tahapan yaitu: 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Modul disusun berdasarkan komponen CTL (Sanjaya, 2006) yaitu konstruktivisme, bertanya, menemukan, pemodelan, masyarakat belajar, refleksi, dan penilaian autentik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket analisis kebutuhan, lembar wawancara, lembar validasi, soal tes hasil belajar, dan lembar observasi hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dibagi menjadi tiga yaitu: 1) analisis data angket analisis kebutuhan yang dideskripsikan, 2) analisis lembar validasi dengan menabulasi semua komponen data yang diperoleh kemudian melakukan analisis cut off score untuk mengetahui kelayakan modul, 3) analisis data peningkatan tes hasil belajar dihitung berdasarkan gain ternomalisasi dan lembar observasi berdasarkan skor setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) karakteristik modul adalah modul dikemas dalam tampilan yang menarik dan mudah digunakan, menyajikan materi secara utuh, bersifat saintifik, serta menyajikan materi yang kontekstual; 2) kelayakan modul dilihat dari penilaian ahli, guru, teman sejawat yang memiliki nilai rata-rata di atas nilai cut off score (89% > 88%) dan penilaian produk oleh siswa (84% > 83%) 3) Penggunaan modul Fisika SMA berbasis CTL pada materi suhu, kalor, dan perpindahan kalor dapat meningkatkan hasil belajar (n-gain kategori sedang) dan 79% siswa mencapai nilai KKM. Kata kunci: CTL, hasil belajar, kalor, modul fisika, pengembangan modul

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 11 May 2018 20:41
    Last Modified: 11 May 2018 20:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40979

    Actions (login required)

    View Item