Strategi Komunikasi Pemasaran Jawapostv

ILMI, ADHI NAUVAL (2018) Strategi Komunikasi Pemasaran Jawapostv. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1017Kb)

    Abstract

    Adhi Nauval Ilmi, D0213005, 2017. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN JAWAPOSTV (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Pemasaran Jawapostv dalam Meningkatkan Jumlah Penonton 2017) Skripsi, Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2017. Sebagai salah satu media televisi yang baru lahir di DKI Jakarta, Jawapostv merupakan televisi berjaringan yang berupaya untuk mengembangkan dirinya di era persaingan dunia televisi yang ketat. Saat ini Izin siaran jawapostv mencakup wilayah Jakarta dan Banten serta wilayah koneksi tv berjaringannya. Ketatnya persaingan sebagai televisi lokal yang juga harus bersaing dengan tv nasional serta proses birokrasi izin yang masih tersendat merupakan hambatan yang cukup vital untuk berkembang. Oleh sebab itu Jawapostv melakukan aktivitas komunikasi pemasaran berdasarkan strategi yang disusun terlebih dahulu untuk meningkatkan jumlah penonton serta menunjukan eksistensinya di jangkauan siarnya. Penelitian ini tergolong dalam jenis studi deskriptif kualitatif untuk menggambarkan secara cermat situasi dan data murni dari objek yang diteliti yaitu jawapostv. Peneliti menggunakan landasan teori strategi komunikasi pemasaran dengan Integrated Marketing Communication yang mana memiliki 5 komponen yaitu sales promotions, personal selling, public relations, direct marketing dan advertising. Penentuan informan menggunakan metode purposive sampling dan informan yang terpilih adalah pemimpin redaksi Irwan Setyawan dan account executive Andrinna Delyana. Penggalian data dilakukan dengan cara wawancara langsung maupun via email, observasi, serta studi pustaka. Dalam tahap analisis data, peneliti menggunakan metode triangulasi data dalam mengolah hingga pengambilan kesimpulan yang menggunakan analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa jawapostv menggunakan komponen-komponen yang sama dengan landasan teori Integrated Marketing Communication serta penggunaan teori strategi komunikasi pemasaran hanya saja lebih menyesuaikan dengan situasi lapangan. Komponen yang digunakan adalah Personal Selling, Public Relations dan Sales Promotions yaitu menjadi pembicara seminar, melakukan publikasi aktivitas Jawapostv, membuat event dan menjadi sponsor acara, serta quiz dan give away. Namun jawapostv masih memiliki kekurangan dalam pelaksanannya, yaitu tidak adanya website resmi serta tempat untuk menyalurkan kritik dan saran, kurangnya pelaksanaan personal selling. Keyword : Strategi Komunikasi Pemasaran, Jawapostv, Stasiun Televisi, IMC.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 09 May 2018 15:56
    Last Modified: 09 May 2018 15:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40975

    Actions (login required)

    View Item