Cool Japan Initiative dalam Promosi Budaya Idol di Kalangan Fans Indonesia Tahun 2009-2016

Adi, Abdiel Nugroho (2018) Cool Japan Initiative dalam Promosi Budaya Idol di Kalangan Fans Indonesia Tahun 2009-2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1543Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Abdiel Nugroho Adi, NIM D0414001, Judul skripsi COOL JAPAN INITIATIVE DALAM PROMOSI BUDAYA IDOL DI KALANGAN FANS INDONESIA TAHUN 2009-2016, Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Budaya pop yang semakin merebak di era global menjadikan banyak negara menjadikannya sebagai alat diplomasi. Salah satu negara yang gencar menjadikan budaya pop sebagai alat diplomasi adalah Jepang. Jepang memiliki sebuah budaya pop yang unik yakni budaya idol yang memiliki pengaruh yang cukup kuat di Indonesia. Merebaknya kalangan penikmat idol yang berasal dari Jepang tidak bisa lepas dari peran pemerintah Jepang dalam mempromosikan kebudayaannya. Cool Japan Initiative adalah salah satu kebijakan pemerintah Jepang dalam mengenalkan kebudayaan idol di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengaruh Cool Japan dalam mempromosikan budaya idol juga meneliti sejauh mana respon publik Indonesia akan budaya idol serta megupas proses Cool Japan dalam mempromosikan budaya idol. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian utama. Paradigma konstruktivisme, konsep diplomasi budaya, konsep kebudayaan Jepang seperti iitoko dori dan bigaku peneliti gunakan untuk menganalisis fenomena tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah adanya respon positif dari kalangan penggemar di Indonesia akan budaya idol, ditandai dengan proses penetrasi budaya idol melalui media internet, dan juga adanya peran pemerintah Jepang yang dirasakan oleh para responden akan tetapi masih belum signifikan. Pengaruh yang diberikan Cool Japan Initiative ternyata belum dapat menjangkau daya beli penikmat idol akan karya dari idol yang disukai secara maksimal. Berikutnya adalah perubahan paradigma dari Cool Japan Initiative yang awalnya mempromosikan makanan dan mengkonstruksi Jepang yang erat dengan salju saja, sekarang sudah erat mempromosikan budaya pop termasuk idol. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pengaruh Cool Japan Initiative dalam mempromosikan budaya idol di Indonesia belum signifikan. Kata Kunci : Idol, Cool Japan, Budaya Pop, Diplomasi Budaya, Kebijakan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 09 May 2018 10:43
    Last Modified: 09 May 2018 10:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40971

    Actions (login required)

    View Item