PEMBELAJARAN FOTOGRAFI DAN TEKNIK CETAK TRANSFER PAPER PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS XI MIPA SMAN 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Ghofar D H, Abdul (2018) PEMBELAJARAN FOTOGRAFI DAN TEKNIK CETAK TRANSFER PAPER PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS XI MIPA SMAN 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (470Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Abdul Ghofar D.H “PEMBELAJARAN FOTOGRAFI DAN TEKNIK CETAK TRANSFER PAPER PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS XI MIPA SMAN 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017”. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pemanfaatan kamera smartphone dan teknik cetak transfer paper dalam pembelajaran seni budaya di kelas XI MIPA 5 SMAN 3 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 (2) Karya yang dihasilkan dari pemanfaatan kamera smartphone dan teknik cetak transfer paper dalam kreasi fotografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu bapak Ferri Mega Nanda selaku guru seni budaya dan siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Surakarta; serta foto, hasil karya, dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah model analisis mengalir yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatan kamera smartphone dan teknik cetak transfer paper dalam kreasi fotografi pada pembelajaran seni budaya mampu mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses berkarya seni, baik dari proses awal pencarian ide hingga eksekusi karya (2) Karya yang dihasilkan dari pemanfaatan kamera smartphone dan teknik cetak transfer paper dalam kreasi fotografi telah menunjukan kesesuaian dari segi teknik, media, dan tema kekaryaan. Terbukti dari aspek teknik siswa telah mampu memindahkan objek foto dengan baik, selain itu tema dalam penggarapan karya juga telah sesuai, hal ini dapat dilihat dari karya-karya yang dihasilkan telah memenuhi aspek kesesuaian dalam tema. Kata kunci : seni budaya, fotografi, transfer paper.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    T Technology > TR Photography
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 04 May 2018 14:15
    Last Modified: 04 May 2018 14:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40969

    Actions (login required)

    View Item