PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN NUMBERED HEADS TOGETHER DISERTAI TUTOR SEBAYA PADA MATERI TERMOKIMIA TERHADAP PRESTASI DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2015/2016

YULIANSYAH, ERY FENDY (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN NUMBERED HEADS TOGETHER DISERTAI TUTOR SEBAYA PADA MATERI TERMOKIMIA TERHADAP PRESTASI DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1916Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dimodifikasi Tutor Sebaya dan Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Termokimia; (2) pengaruh kemampuan matematis terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Termokimia; dan (3) interaksi antara pembelajaran NHT dimodifikasi Tutor Sebaya dan TSTS dengan kemampuan matematis terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Termokimia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2×2. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 5 SMA Negeri 3 Boyolali tahun pelajaran 2015/2016 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh pembelajaran NHT disertai Tutor Sebaya dan TSTS terhadap prestasi belajar kognitif, tetapi tidak terdapat pengaruh pembelajaran terhadap prestasi belajar ranah afektif dan psikomotor pada materi pokok Termokimia. Berdasarkan rata-rata nilai prestasi belajar ranah kognitif, siswa yang menerim pembelajaran NHT disertai Tutor Sebaya (70,13) menghasilkan prestasi belajar kognitif yang lebih baik daripada siswa yang menerima pembelajaran TSTS (63,75).; (2) Tidak terdapat pengaruh kemampuan matematis tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada materi pokok Termokimia; dan (3) Terdapat interaksi pembelajaran NHT disertai Tutor Sebaya dan TSTS dengan kemampuan matematis terhadap prestasi belajar afektif pada materi pokok Termokimia. tetapi tidak terdapat interaksi pembelajaran NHT disertai Tutor Sebaya dan TSTS dengan kemampuan matematis terhadap prestasi belajar ranah kognitif dan psikomotor pada materi pokok Termokimia.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 03 May 2018 19:06
    Last Modified: 03 May 2018 19:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40968

    Actions (login required)

    View Item