IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG IV SURAKARTA TAHUN 2017/2018

SAPUTRO, GUTOMO (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG IV SURAKARTA TAHUN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (454Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita melalui implementasi model pembelajaran Realistic Mathematic Education pada siswa kelas V SD Negeri Pajang IV Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V di SD Negeri Pajang IV Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan validitas isi, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif (Milles & Huberman) yang terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pratindakan nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa sebesar 63 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 23,08 % yang dapat mencapai KKM (≥75). Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita meningkat menjadi 80,26 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 76,92%. Pada siklus II rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa meningkat menjadi 85,37 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 92,31%. Simpulan penelitian ini yaitu implementasi model pembelajaran Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada siswa kelas V SD Negeri Pajang IV Surakarta tahun ajaran 2017/2018

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 03 May 2018 19:02
    Last Modified: 03 May 2018 19:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40967

    Actions (login required)

    View Item