Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Modul untuk Meningkatkan Kemampuan Memori dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas X1 SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Shinta, Choiria (2018) Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Modul untuk Meningkatkan Kemampuan Memori dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas X1 SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (931Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan memori pada materi hidrokarbon siswa kelas X1 SMA Islam 1 Surakarta dengan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul, dan (2) prestasi belajar pada materi hidrokarbon siswa kelas X1 SMA Islam 1 Surakarta dengan penerapan model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X1 SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Data diperoleh melalui observasi, tes, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul dapat meningkatkan kemampuan memori siswa pada materi hidrokarbon kelas X1 SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Persentase ketercapaian kemampuan memori tinggi prasiklus sebesar 41% meningkat menjadi 52% pada siklus I dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 74% dari target 60%. (2) Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas X1 SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Persentase prestasi belajar aspek kognitif pada siklus I sebesar 40,74% meningkat menjadi 66,67% pada siklus II dari target 60%. Persentase aspek afektif telah tuntas pada siklus I sebesar 92,59% dari target 70%, dan persentase aspek psikomotor telah tuntas pada siklus I sebesar 100% dari target 60%. Kata kunci : hidrokarbon, kemampuan memori, penelitian tindakan kelas, prestasi belajar, TAI

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 03 May 2018 18:18
    Last Modified: 03 May 2018 18:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40956

    Actions (login required)

    View Item