Pengaruh Pendidikan Jasmani Adaptif untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Tunanetra di SLB A YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018

Yunita, Vania Martha (2018) Pengaruh Pendidikan Jasmani Adaptif untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Tunanetra di SLB A YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (78Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Vania Martha Yunita, PENGARUH PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIFUNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNANETRA DI SLB A YKAB SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan jasmani adaptif untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak tunanetra di SLB A YKAB Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 8 orang siswa tunanetra kelas tinggi di SLB A YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap. Uji validitas instrument menggunakan uji validitas isi yang dilanjutkan dengan menguji cobakan instrument satu kali. Hasil ujicoba kemudian di analisis menggunakan product moment dari Kearl Pearson dengan bantuan SPSS 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa 37 aitem dinyatakan valid. Uji reliabilitas instrument menggunakan rumus Alpha-Cronbach dengan bantuan spss 23. Hasil analisis yang diperoleh adalah 0, 748 sedangkan r table product moment sebesar 0,707 sehingga dapat disimpulkan instrument penelitian reliable sebagai alat pengumpul data. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan teknik non parametrik yaitu analisis tes rangking bertanda (Wilcoxon Sign Rank Test). Perolehan hasil skor skala sikap siswa tunanetrakelas tinggi di SLB A YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018mengalami peningkatan. Pada pretes, nilai rata-rata sebesar 87, 1, setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata posttest menjadi 95, 1. Pada analisis data dengan menggunakan analisis wilcoxon sign rank test dengan menggunakan aplikasi olah data SPSS versi 23 menunjukkan nilai Z sebesar -2,213 dengan Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,027 yang berada dibawah taraf signifikansi (α) yang ditentukan yaitu 0,05 (5%). Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan jasmani adaptif berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan diri anak tunanetradiSLB A YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: Pengaruh, Pendidikan Jasmani Adaptif, Siswa Tunanetra, Kepercayaan diri.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 03 May 2018 15:29
    Last Modified: 03 May 2018 15:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40953

    Actions (login required)

    View Item