EFEKTIVITAS TEKNIK SYMBOLIC MODELING UNTUK MENINGKATKAN JIWA WIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMKN 2 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2017/2018

Syukur, Bahtiar Ahmad (2018) EFEKTIVITAS TEKNIK SYMBOLIC MODELING UNTUK MENINGKATKAN JIWA WIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMKN 2 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (781Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Bahtiar Ahmad Syukur. K3113010. EFEKTIVITAS TEKNIK SYMBOLIC MODELING UNTUK MENINGKATKAN JIWA WIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMKN 2 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan Teknik Symbolic Modeling untuk meningkatkan jiwa wirausaha siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Negeri 2 Wonogiri tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 62 peserta didik. Pada pelaksanaan treatment, subjek penelitian terbagi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diberi treatment teknik symbolic modeling dan kelompok kontrol diberikan layanan informasi pada umumnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket jiwa wirausaha yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji Independent Sample T Test dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 20. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat diketahui bahwa ada perbedaan skor mean antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah pemberian treatment. Hasil analisis data dengan uji Independent Sample T Test menunjukkan signifikansi 0,037 < 0,05, artinya Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa Teknik Symbolic Modeling efektif untuk meningkatkan jiwa wirausaha siswa kelas XI TKR SMK Negeri 2 Wonogiri tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil tersebut. Diharapkan Teknik Symbolic Modeling dapat dikembangkan oleh peneliti-peneliti selanjutnya supaya menjadi lebih berkembang lagi. Kata Kunci: model simbolik, jiwa wirausaha, wirausaha.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 03 May 2018 12:11
    Last Modified: 03 May 2018 12:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40942

    Actions (login required)

    View Item