PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN LITERASI EKOLOGI UNTUK MENGUKUR KESIAPAN BERPERILAKU RAMAH LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Fakhrudin, Isma Aziz (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN LITERASI EKOLOGI UNTUK MENGUKUR KESIAPAN BERPERILAKU RAMAH LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (916Kb)

    Abstract

    Isma Aziz Fakhrudin. 2018. Pengembangan Instrumen Pengukuran Literasi Ekologi untuk Mengukur Kesiapan Berperilaku Ramah Lingkungan Siswa Sekolah Menengah Atas. Tesis. Pembimbing: Puguh Karyanto, S.Si.,M.Si.,Ph.D. Kopembimbing: Murni Ramli, S.P.,M.Si.,Ed.D. Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan karakteristik dan mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen pengukuran literasi ekologi untuk mengukur kesiapan berperilaku ramah lingkungan siswa SMA. Instrumen pengukuran literasi ekologi dikembangkan melalui tiga tahap, yaitu mendesain kuesioner awal, melakukan uji kuesioner awal, dan mendesain kuesioner final. Sampel uji coba merupakan delapan SMA berstatus adiwiyata di Karasidenan Surakarta. Teknik sampling menggunakan proportionate random sampling dengan jumlah total sampel 440 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara open-ended melalui focus group discussion dan uji coba kuesioner. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kelayakan instrumen dengan melihat content validity, criterion-related validity, construct validity, dan reliabilitas menggunakan aplikasi iteman versi 3.00 dan SPSS versi 18. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) karakteristik instrumen pengukuran literasi ekologi untuk mengukur kesiapan berperilaku ramah lingkungan dijelaskan melalui integrasi konsep ekologi dari delapan SMA adiwiyata yang sudah sesuai dengan konsep ekologi dari budaya barat. 2) Instrumen pengukuran literasi ekologi valid dan reliabel digunakan sebagai alat ukur untuk memprediksi kesiapan berperilaku ramah lingkungan dengan menggunakan prediktor knowledge dan concern. Nilai reliabilitas dan validitas instrumen dari 44 soal sudah reliabel dan valid untuk mengukur kesiapan berperilaku ramah lingkungan dengan nilai alpha cronbach 0,714 pada aspek knowledge dan 0,811 pada aspek concern. Kata Kunci: Instrumen Pengukuran, Literasi Ekologi, Kesiapan Berperilaku Ramah Lingkungan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 27 Apr 2018 14:39
    Last Modified: 27 Apr 2018 14:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40918

    Actions (login required)

    View Item