Transformasi Identitas Sosial Tenaga Kerja Indonesia (Studi Deskriptif Transformasi Identitas Sosial TKI Pasca Migrasi di Kelurahan Mojorejo, Kecamatan Karangmlang, Kabupaten Sragen)

Sari, Innez Kartika (2018) Transformasi Identitas Sosial Tenaga Kerja Indonesia (Studi Deskriptif Transformasi Identitas Sosial TKI Pasca Migrasi di Kelurahan Mojorejo, Kecamatan Karangmlang, Kabupaten Sragen). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1205Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Innez Kartika Sari D0313040, “TRANSFORMASI IDENTITAS SOSIAL TENAGA KERJA INDONESIA (Studi Deskriptif Transformasi Identitas Sosial TKI Pasca Migrasi di Kelurahan Mojorejo, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen )” SKRIPSI, Pembimbing Dr. Drajat Tri Kartono, M.Si., Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Identitas senantiasa berubah mengingat identitas merupakan suatu hal yang ‘cair’. Perubahan dari suatu identitas menjadi identitas yang lain dinamakan transformasi identitas. Hal ini juga terjadi pada para Eks TKI di Kelurahan Mojorejo yang sengaja melakukan migrasi untuk merubah identitas sosialnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis proses yang terjadi dalam transformasi identitas sosial tenaga kerja Indonesia di Kelurahan Mojorejo dengan teori Jennifer Todd Transformasi Identitas Sosial dan Piere Bourdeieu untuk menjelaskan identitas awal dan akhir dari proses transformasi tersebut. Penelitian ini merupakan studi Deskriptif. Data bersumber dari informasi yang diperoleh langsung dari informan, studi pustaka, dokumen tertulis dan arsip. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling yaitu memilih narasumber berdasarkan persyaratan yang telah peneliti tentukan seperti merupakan warga Kelurahan Mojorejo, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen dan sudah dewasa ditunjukkan dengan berumur diatas 17 tahun. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber yskni dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, membandingkan hasil wawancara terhadap narasumber eks TKI dengan wawancara terhadap warga masyarakat bukan TKI, dan membandingkan hasil wawancara dengan dokumen buku dan jurnal yang berkaitan. Data dianalisis dengan model interaktif melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi. Hasil penelitian menggambarkan adanya transformasi identitas sosial yang terjadi pada para Eks TKI di Kelurahan Mojorejo dengan menggunakan teori Transformasi Sosial oleh Jennifer. Dimana para Eks TKI mengalami tahap-tahap antara lain disonansi habitus dengan tatanan sosial, disonansi internal dan moment of intentionality setelah melakukan migrasi. Dari tahap-tahap tersebut muncul berbagai macam jenis asimilasi identitas baru dan identitas lama antara lain asimilasi, konfersi dan privatisasi. Kata Kunci : Transformasi, Identitas Sosial, TKI

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 27 Apr 2018 14:33
    Last Modified: 27 Apr 2018 14:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40916

    Actions (login required)

    View Item