PENGGUNAAN STILL LIVE DALAM MEMOTRET CLOSE UP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR, PADA MATA PELAJARAN FOTOGRAFI SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMK NEGERI 9 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Prastiwi, Dyna (2018) PENGGUNAAN STILL LIVE DALAM MEMOTRET CLOSE UP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR, PADA MATA PELAJARAN FOTOGRAFI SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMK NEGERI 9 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (169Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dyna Prastiwi, PENGGUNAAN STILL LIVE DALAM MEMOTRET CLOSE UP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR, PADA MATA PELAJARAN FOTOGRAFI SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMK NEGERI 9 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/ 2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2018. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penggunaan still live dalam memotret close up untuk meningkatkan hasil belajar fotografi bagi siswa kelas XI kompetensi keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK Negeri 9 Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I selama tiga kali pertemuan sedangkan siklus II selama dua kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan yaitu bulan Desember 2017 sampai dengan bulan Februari 2018. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK Negeri 9 Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Sumber data berasal informan, tempat peristiwa dan perilaku, serta dokumentasi.Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi pada tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan still live dalam memotret close up dapat meningkatkan hasil belajar fotografi siswa dari prasiklus ke siklus I dan siklus II . Ketuntasan belajar siswa pada prasiklus adalah 8 siswa atau 24,24%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas meningkat menjadi 18 siswa atau 54,54%, dan pada siklus II jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas meningkat menjadi 31 siswa atau 93,93%. Disimpulkan bahwa penggunaan still live dalam memotret close up dapat meningkatkan hasil belajar fotografi bagi siswa kelas XI kompetensi keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK Negeri 9 Surakarta. Kata Kunci : still live, memotret close up, hasil belajar, fotografi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    T Technology > TR Photography
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 27 Apr 2018 14:11
    Last Modified: 27 Apr 2018 14:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40911

    Actions (login required)

    View Item