Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Indonesia Madya Berbasis Nilai-Nilai Serat Mudhatanya Untuk Meningkatkan Sikap Kepemimpinan Peserta Didik Di SMA Negeri Bojonegoro

Cahyono, Aris (2018) Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Indonesia Madya Berbasis Nilai-Nilai Serat Mudhatanya Untuk Meningkatkan Sikap Kepemimpinan Peserta Didik Di SMA Negeri Bojonegoro. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (320Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan penggunaan model pembelajaran sejarah dan sikap kepemimpinan siswa di SMA Negeri Bojonegoro; 2) mengembangkan model pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai Serat Mudhatanya; 3) mengetahui bentuk akhir model pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai Serat Mudhatanya; 4) menguji efektivitas penggunaan model pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai Serat Mudhatanya untuk meningkatkan sikap kepemimpinan siswa di SMA Negeri Bojonegoro. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Lima tahapan, yaitu: 1) tahap analysis berisi analisa data berdasarkan hasil studi pendahuluan di lapangan, studi literatur serta kebutuhan guru dan siswa; 2) tahap design berisi kombinasi empat komponen produk meliputi group investigation, pendekatan value clarification technique, pendekatan scientific, dan nilai-nilai dalam serat mudhatanya; 3) tahap development berisi proses validasi dan uji coba produk yang kemudian direvisi; 4) tahapan implementation berisi penggunaan di lapangan dengan tujuan untuk melihat adaptasi pemakaian produk; 5) tahap evaluation berisi uji efektivitas produk terhadap sikap kepemimpinan siswa. Analisis data uji efektifitas menggunakan t-test dalam uji statistik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) berdasarkan hasil studi pendahuluan, diperlukan sebuah model pembelajaran sejarah untuk meningkatkan sikap kepemimpinan siswa; 2) pengembangan model pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai serat mudhatanya sangat baik ditinjau dari uji validasi, uji coba dan uji implementasi; 3) model sejarah berbasis nilai serat mudhatanya dikembangkan dengan mengkombinasikan model Group Investigation, pendekatan value clarification technique dan scientific, serta nilai-nilai kepemimpinan dalam serat mudhatanya 4) model pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai serat mudhatanya terbukti efektif meningkatkan sikap kepemimpinan siswa, kedua test yang dilakukan menghasilkan taraf signifikansi <0,05 yaitu 0,000. Kata kunci: model pembelajaran sejarah, ADDIE, sikap kepemimpinan, nilai-nilai serat mudhatanya

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 27 Apr 2018 13:53
    Last Modified: 27 Apr 2018 13:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40908

    Actions (login required)

    View Item