PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR FLUENCY DAN FLEXIBILITY MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PEMBELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tunggulsari 1 No.72 Kota Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)

Muhammad, Adi Sifa (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR FLUENCY DAN FLEXIBILITY MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PEMBELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tunggulsari 1 No.72 Kota Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (607Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Adi Sifa Muhammad. PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR FLUENCY DAN FLEXIBILITY MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PEMBELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tunggulsari 1 No.72 Kota Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir fluency dan flexibility dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari 1 No. 72. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: Perencanaan tindakan; Pelaksanaan tindakan; observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Teknik observasi; wawancara; dokumen, dan tes. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yang mempunyai beberapa komponen, yaitu: reduksi data; penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat peningkatan persentase keterampilan berpikir fluency dan flexibility siswa pada siklus I dan siklus II. Peningkatan keterampilan berpikir fluency dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata pratindakan yaitu 37,14, dengan persentase ketuntasan 0%. Pada akhir siklus II pertemuan 3 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,48 dengan persentase sebesar 88,57%. Pada keterampilan berpikir flexibility perolehan nilai rata-rata sebelum prasiklus yaitu 37,14, dengan persentase ketuntasan 0%. Pada akhir siklus II pertemuan 3 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80 dengan persentase sebesar 85,71%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan berpikir fluency dan flexibility. Kata kunci: keterampilan berpikir fluency dan flexibility, model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 27 Apr 2018 13:34
    Last Modified: 27 Apr 2018 13:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40906

    Actions (login required)

    View Item