PENGARUH FAKTOR POLITIK DAN EKONOMI TERHADAP ALOKASI BELANJA MODAL PEMERINTAH KOTA DAN KABUPATEN DI WILAYAH JAWA DAN BALI

RAMADHAN, NOVIA (0002) PENGARUH FAKTOR POLITIK DAN EKONOMI TERHADAP ALOKASI BELANJA MODAL PEMERINTAH KOTA DAN KABUPATEN DI WILAYAH JAWA DAN BALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1299Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor politik dan ekonomi terhadap alokasi belanja modal pada pemerintah kota dan kabupaten di wilayah Jawa dan Bali. Alokasi belanja modal pada pemerintah daerah dalam hal ini didefinisikan sebagai persentase anggaran belanja modal dibagi anggaran total belanja pada tahun 2016 dan 2017. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan metode regresi Ordinary Least Square (OLS). Alat analisis yang digunakan adalah persentase anggota DPRD dari partai koalisi, derajat desentralisasi, tingkat kemandirian keuangan, keefektifan pendapatan asli daerah, dan rasio ruang fiskal pemerintah daerah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa derajat desentralisasi, tingkat kemandirian keuangan, dan rasio ruang fiskal pemerintah daerah berpengaruh signifikan terhadap alokasi belanja modal pemerintah daerah sedangkan persentase anggota DPRD dari partai koalisi dan keefektifan pendapatan asli daerah tidak berpengaruh signifikan terhadap alokasi belanja modal pemerintah daerah. Kata Kunci: Alokasi Belanja Modal, Persentase Anggota DPRD dari Partai Koalisi, Derajat Desentralisasi, Tingkat Kemandirian Keuangan, Keefektifan Pendapatan Asli Daerah, dan Rasio Ruang Fiskal Pemerintah Daerah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 23 Apr 2018 15:37
    Last Modified: 23 Apr 2018 15:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40895

    Actions (login required)

    View Item