PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII J SMP NEGERI 1 SUKOHARJI TAHUN AJARAN 2017/2018

PURWANTI, PEMI SRI (2018) PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII J SMP NEGERI 1 SUKOHARJI TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (427Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada peserta didik kelas VIII J SMP Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII J SMP Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 32 peserta didik yang terdiri dari dari 22 peserta didik putri dan 10 peserta didik putra. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data dengan observasi, penilaian dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok peserta didik pada siklus I dari 32 peserta didik yang kriteria tuntas sebanyak 15 peserta didik (46,88%) dan pada siklus II meningkat yang mencapai kriteria tuntas sebanyak 26 peserta didik (81,25%), dengan KKM 75. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dan pembahasan yang telah diungkapkan, dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada peserta didik kelas VIII J SMP Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2017/2018.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 20 Apr 2018 14:51
    Last Modified: 20 Apr 2018 14:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40893

    Actions (login required)

    View Item