Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tendangan Samping Pencak Silat Pada Peserta Didik Kelas VIII G SMP Negeri 2 Mojolaban Tahun Ajaran 2017/2018

PRADIKANTARA, PANDU (2018) Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tendangan Samping Pencak Silat Pada Peserta Didik Kelas VIII G SMP Negeri 2 Mojolaban Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (630Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tendangan samping pencak silat pada peserta didik kelas VIII G SMP NEGERI 2 Mojolaban tahun ajaran 2017/2018 melalui pengguaan alat bantu pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 2 Mojolaban yang berjumlah 31 peserta didik yang terdiri dari 16 peserta didik putra dan 15 peserta didik putri. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Tekhnik pengumpulan data adalah dengan observasi, penilaian dan dokumentasi. Validitas data menggunakan tekhnik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Dari analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: kondisi awal peserta didik yang tuntas hanya 11 peserta didik atau 35,48%, di siklus pertama peserta didik yang tuntas menjadi 21 peserta didik atau 67,74% dan di siklus kedua peserta didik yang tuntas menjadi 26 peserta didik atau 83,87% sedangkan 5 peserta didik lainnya belum tuntas. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tendangan samping pencak silat pada peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 2 Mojolaban tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Penggunaan alat bantu pembelajaran, hasil belajar tendangan samping pencak silat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 20 Apr 2018 14:44
    Last Modified: 20 Apr 2018 14:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40891

    Actions (login required)

    View Item