FUNGSI DESAIN GRAFIS DALAM MAJALAH DI RIPPLE MAGAZINE BANDUNG

Gustami, Fit (2009) FUNGSI DESAIN GRAFIS DALAM MAJALAH DI RIPPLE MAGAZINE BANDUNG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (579Kb)

    Abstract

    Di era globlalisasi dan konsumerisme saat ini, terutama sekali di kota-kota besar,kegiatan periklanan sangat penting dalam kegiatan perekonomian dan kebudayaan masyarakat perkotaan yang berjiwa konsumerisme dan modern tersebut,hal ini makin membanjirnya produk barang atau jasa di dalam kehidupan masyarakat. Di antara banyak usaha untuk menyampaikan pesan atau promosi barang dan jasa kepada khalayak lewat media massa salah satunya yang menonjol adalah media dalam bentuk atau format yang disebut iklan. Iklan senantiasa dibuat sedemikian rupa dengan maksud untuk mempengaruhi secara menguntungkan pikiran maupun perasaan public bagi suatu usaha /perusahaan kalau kita teliti lebih lanjut sebenarnya iklan memiliki fungsi penting yaitu dalam arti mengusahakan adanya calon langganan baru, untuk perusahaan dan usaha-usaha tertentu. Bisnis periklanan dewasa ini sangat meningkat, karena dipastikan suatu bentuk promosi atau usaha untuk berkomunikasi dengan orang lain yang tidak bisa secara langsung kita temui, sangatlah diperlukan, dan dengan suatu iklan media cetak, promosi kemungkinan akan lebih memasyarakat atau target audienya lebih besar. Sehingga banyak bermunculan biro-biro iklan yang menawarkan jasa-jasa periklanan. Setiap iklan dalam hal ini pada suatu surat kabar, melibatkan minimal empat pihak yang saling membutuhkan, yaitu pertama produsen atau pengusaha yang biasa dikenal sebagai klien, kedua unsure perusahaan periklanan, ketiga kelompok konsumen , target audience dan yang keempat adalah unsur media, sarana yang dianggap tepat, untuk dapat menyampaikan pesan iklan klien. Suatu iklan tidak bisa lepas dari sebuah format yang disebut desai grafis, desain grafis merupakan elemen utama dalam suatu periklanan, desain grafis bisa juga disebut dengan desain komunikasai visual, yaitu usaha untuk berkomunikasi dengan cara visual atau kegiatan menyusun dan mengorganisir elemen seperti nada warna, tekstur, unsur, bentuk dan ruang sehingga menjadi komposisi artistik, estetetik dan harmoni sebagai usaha untuk berkomunikasi, walaupun aktivitas mendesain itu sendiri sudah dikerjakan orang sejak manusia hidup di dunia, tetapi kegiatan mendesain pada dasarnya bermula sebagai penyempurna penampilan dari hasil suatu karya yang masih nampak kasar, kaku, asal berfungsi. Oleh sebab itu karya-karya tersebut lalu ditempeli hiasan/ornamen agar kelihatan lebih indah. Bila kita melihat iklan-iklan yang berisikan packaging atau kemasan roti, cookie, permen, mie instant, atau majalah yang penuh dengan berbagai macam cetak promosi, lalu kita melihat logo-logo suatu bank, hotel, pesawat terbang, dan sebagainya. Semuanya adalah hasil dari sebagian karya-karya desain komunikasi visual atau yang biasa disebut desain grafis. Sehingga desain grafis merupakan elemen untuk memperindah suatu iklan sehingga tampak lebih indah, dan yang pasti untuk menambah ketertarikan seseorang yang melihatnya. Sehingga hubungan media cetak dan grafika merupakan sesuatu kehidupan yang yang tak dapat dipisahkan satu sama lain. Bagi media cetak grafika berperan sebagai sarana utama dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai media komunikasi dan inrforman terhadap pemerintah dan masyarakat sehingga dapat berjalan dengan baik. Di dalam perkembanganya desain grafis tersebut dibuat oleh para desainer grafis atau di dalam perusahaan periklanan biasa disebut dengan divisi kreatif, sehingga desainer grafis sangatlah diperlukan dalam sebuah biro iklan , karena merupakan salah satu faktor pendukung dalam perusahaan periklanan, dan seorang desainer grafis juga mempunyai dilema, apabila iklan gagal maka pemasang iklan akan mengalami kerugian begitu pula dengan perusahaan iklan, sehingga hubungan antara biro iklan atau pemasang iklan dengan desainer grafis sangatlah menentukan bagaimana kebijaksanaan dan kelayakan suatu iklan. Selain iklan, dalam sebuah majalah penyusunan artikel dan media visual lain juga sangat penting, atau yang biasa kita sebut dengan layout. Penyusunan layout yang baik dapat mempengaruhi semangat pembaca dalam membaca dan memaham isi majalah. Sehingga dalam penyusunan layout sang desain grafis harus dapat memikirkan konsep yang akan digunakan .

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Ahmad Santoso
    Date Deposited: 14 Jul 2013 23:03
    Last Modified: 14 Jul 2013 23:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4088

    Actions (login required)

    View Item