Optimalisasi Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Systematise Lengkap (Studi di Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar)

H, NADILA MAYSILA (2018) Optimalisasi Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Systematise Lengkap (Studi di Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (647Kb)

    Abstract

    Penelitian ini berjudul “Optimalisasi Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (Studi di Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar)” bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis optimalisasi percepatan pelaksanaan pendaftaran tanah melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), dan hambatan apa saja yang dihadapi Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar dalam pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).Penelitian hukum ini merupakan penilitian normatif atau doktrial, dan bersifat preskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Sumber bahan hukum yang digunakan berupa bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah silogisme dengan menggunakan pola berfikir deduktif. Hasil penelitian pendaftaran tanah melalui PTSL yang dilaksanakan di Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar berdasarkan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 35 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkapsudah berjalan optimal dan telah memenuhi target. Walau telah berjalan optimal, tidak menutup kemungkinan bahwa masih adanya hambatan yang dihadapi yaitu dari faktor internal Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar seperti jumlah tenaga pelaksana yang terbatas, fasilitas yang belum mencukupi, dan kurangnya penerapan prinsip kehati-hatian. Adapun faktor eksternal pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lengkap yaitu kondisi geografis Kabupaten Karanganyar, kurangnya data yang diberikan pemohon, kurangnya informasi yang diterima pemohon mengenai proses pengukuran, adanya sanggahan dari pihak lain terhadap tanah yang didaftarkan untuk dilakukan sertifikasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 20 Apr 2018 13:46
    Last Modified: 20 Apr 2018 13:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40879

    Actions (login required)

    View Item