KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENERIMAAN TEMAN SEBAYA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

P, MUHAMMAD RIZKY NUR (2018) KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENERIMAAN TEMAN SEBAYA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (359Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat penerimaan teman sebaya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta; (2) tingkat kecerdasan emosional siswa tersebut; (3) kontribusi kecerdasan emosional siswa terhadap penerimaan teman sebayanya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 14 Surakarta. Sampel penelitian ini menggunakan 143 siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis pertama dan kedua menggunakan uji T-test yang kemudian dibantu menggunakan analisis uji satu pihak (One Tail Test). Pada hipotesis ketiga menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini: (1) tingkat penerimaan teman sebaya pada siswa kelas tergolong dalam kategori rendah; (2) tingkat kecerdasan emosional siswa tergolong dalam ketegori tinggi; (3) tingkat kecerdasan emosional berkontribusi terhadap tingkat penerimaan teman sebaya sebesar 15,8%. Kata Kunci: penerimaan teman sebaya, interaksi sosial, kecerdasan emosional.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 20 Apr 2018 13:35
    Last Modified: 20 Apr 2018 13:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40876

    Actions (login required)

    View Item