IMPLEMENTASI TARIF PROGRESIF TERHADAP RETRIBUSI PELAYANAN PARKIR DI TEPI JALAN UMUM BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 5 TAHUN 2016 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN DAERAH NOMOR 9 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI DAERAH DI KOTA SURAKARTA

Ismail, Muhammad Rizal (2018) IMPLEMENTASI TARIF PROGRESIF TERHADAP RETRIBUSI PELAYANAN PARKIR DI TEPI JALAN UMUM BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 5 TAHUN 2016 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN DAERAH NOMOR 9 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI DAERAH DI KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (832Kb)

    Abstract

    Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian proses implementasi tarif progresif terhadap retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum di Kota Surakarta berdasarkan Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Retribusi Daerah dari proses pelaksanaannya, hambatan yang dihadapi dan upaya yang diambil untuk menangani hambatan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris bersifat deskriptif. Data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data primer bersumber langsung dari lapangan, yaitu data dari Dinas Perhubungan Kota Surakarta dan data dari jalan umum berdasarkan Zona parkir. Data sekunder diperoleh dari buku dan jurnal. Pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi dan wawancara. Data sekunder dilakukan melalui studi pustaka dan analisis isi dokumen, bahan hukum primer, dan bahan hukum sekunder. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa implementasi tarif progesif belum sesuai dengan peraturan, dikarenakan dalam pelaksanaan belum memenuhi tujuan penegakan hukum dari aspek keadilan dan aspek kepastian hukum. Dalam implementasinya di Kota Surakarta ini masih mengalami hambatan berupa: Pencatatan Tarif Progresif Yang Masih Manual Ke Dalam Karcis Parkir, petugas parkir tidak menaati aturan tarif progresif, kesadaran masyarakat pengguna jasa parkir terhadap aturan tarif progresif yang rendah. Upaya yang diambil berupa peluncuran parkir elektronik berbasis e-money,dan sosialisasi kepada petugas parkir dan masyarakat. Kata Kunci : Implementasi, Tarif Progresif, Retribusi Parkir Di Tepi Jalan Umum Kota Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 20 Apr 2018 13:33
    Last Modified: 20 Apr 2018 13:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40875

    Actions (login required)

    View Item