PEMBUKTIAN PENUNTUT UMUM DAN PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MEMUTUS PERKARA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA BAGI DIRI SENDIRI BERDASARKAN PEMERIKSAAN LABORATORIUM FORENSIK (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI SURAKARTA NOMOR : 158/PID.SUS/2016/PN.SKT)

R, Muhammad Indhika Deddy (2018) PEMBUKTIAN PENUNTUT UMUM DAN PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MEMUTUS PERKARA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA BAGI DIRI SENDIRI BERDASARKAN PEMERIKSAAN LABORATORIUM FORENSIK (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI SURAKARTA NOMOR : 158/PID.SUS/2016/PN.SKT). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (597Kb)

    Abstract

    Penelitian ini membahas mengenai Kesesuaian pembuktian penuntut umum terhadap kasus penyalahgunaan narkotika dengan Pasal 184 ayat (1) KUHAP dan kesesuaian pertimbangan hakim dalam memutus perkara penyalahgunaan Narkotika dengan Pasal 183 Jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP. Pembuktian yang dilakukan oleh penuntut umum terhadap kasus penyalahgunaan narkotika bagi diri sendiri telah sesuai dengan ketentuan Pasal 184 ayat 1 huruf a, c, d KUHAP. Karena pada saat pembuktian kasus tersebut Penuntut Umum mengajukan alat bukti yang sah sesuai dengan ketentuanPasal 184 ayat (1) hurufa, c, d , berupa keterangan empat orang saksi, alat bukti surat berupa Berita Acara Pemeriksaan Laboratoris Kriminalistik Nomor : 526/NNF/2016 tanggal 12 April 2016 yang menerangkan bahwa barang bukti milik terdakwa terdaftar dalam Golongan I (satu) Nomorurut 61 lampiran Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan beberapa barang bukti sebagai petunjuk bahwa terdakwa telah melakukan apa yang didakwakan oleh penuntut umum tersebut. Kemudian judex faxtie dalam pertimbangannya telah sesuai dengan ketentuan Pasal 193 ayat (1) KUHAP karena dalam pertimbangannya majelis hakim berpendapat bahwa terdakwa bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan Narkotika yang didakwakan kepadanya, maka hakim pengadilan Negeri Surakarta menjatuhkan Pidana kepada terdakwa. Kemudian pertimbangan hakim dalam memutus perkara tersebut telah sesuai dengan Pasal 183 KUHAP karena pada saat dalam pembuktian dalam persidangan terdapat lebih dari dua alat bukti yang sah dan hakim memperoleh keyakinan bahwa tindak pidana penyalahgunaan Narkotika benar benar dilakukan oleh terdakwa dan terdakwalah yang bersalah melakukannya. Kata Kunci: Pembuktian, Pertimbangan Hakim, Narkotika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 20 Apr 2018 13:28
    Last Modified: 20 Apr 2018 13:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40874

    Actions (login required)

    View Item