UPAYA PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DILENGKAPI DENGAN LKS BERBASIS DRILL AND PRACTICE MATERI HIDROKARBON KELAS X-6 SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2016/2017

Ulfah, Mukti Aulia (2018) UPAYA PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DILENGKAPI DENGAN LKS BERBASIS DRILL AND PRACTICE MATERI HIDROKARBON KELAS X-6 SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1154Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) rasa ingin tahu siswa kelas X-6 pada materi Hidrokarbon di SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2016/2017 dengan model pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) dilengkapi LKS berbasis drill and practice, dan (2) prestasi belajar siswa kelas X-6 pada materi Hidrokarbon di SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2016/2017 dengan model pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) dilengkapi LKS berbasis drill and practice. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) dilengkapi dengan LKS berbasis drill and practice dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa kelas X-6 pada materi hidrokarbon di SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa ingin tahu siswa sebesar 80% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 88,57%. (2) Cooperative Problem Solving (CPS) dilengkapi dengan LKS berbasis drill and practice dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas X-6 SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil tes siklus I ketercapaian aspek pengetahuan siswa sebesar 51,43% dan meningkat menjadi 77,14% pada siklus II. Ketercapaian aspek afektif siswa sebesar 82,86% pada siklus I dan meningkat menjadi 91,43% pada siklus II. Kata Kunci : Cooperative Problem Solving (CPS), LKS berbasis drill and pratice, rasa ingin tahu, prestasi belajar, hidrokarbon

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 17 Apr 2018 19:35
    Last Modified: 17 Apr 2018 19:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40865

    Actions (login required)

    View Item