Pengaruh Faktor Karakteristik Entitas, Politik Dan Lingkungan Terhadap Transparansi Keuangan Pada Website Pemerintah Daerah Di Indonesia

SURYANTO, MUHAMMAD (2018) Pengaruh Faktor Karakteristik Entitas, Politik Dan Lingkungan Terhadap Transparansi Keuangan Pada Website Pemerintah Daerah Di Indonesia. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1260Kb)

    Abstract

    Penelitian ini membahas mengenai faktor yang mempengaruhi transparansi keuangan pada website pemerintah daerah di Indonesia yang dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi pemda untuk melakukan transparansi keuangan pada website resmi pemda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh faktor karakteristik entitas yang diwakili oleh ukuran pemda dan pajak per kapira, faktor politik yang diwakili oleh kekuatan politik daerah dan e-government, serta faktor lingkungan yang diwakili oleh internet visibility dan pendapatan per kapita terhadap transparansi keuangan pada website pemerintah daerah. Dengan menggunakan tiga dimensi transparansi keuangan yang disusun dari kombinasi dari indikator transparansi keuangan (LSM International Transparency) dan peraturan setempat (Instruksi Mendagri), penelitian ini berusaha untuk menilai transparansi keuangan pada website pemda secara lebih komprehensif. Observasi dilakukan pada akhir Agustus 2017 sampai dengan September 2017. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik untuk mengevaluasi model. Dengan menggunakan 411 sampel dari 514 pemerintah daerah pada tahun 2015, data menunjukkan bahwa level transparansi keuangan pada website pemda masih sangat rendah. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran pemda, e-government, dan internet visibility berpengaruh positif terhadap transparansi keuangan pada website pemerintah daerah, sedangkan untuk pajak per kapita, kekuatan politik daerah, dan pendapatan per kapita tidak ditemukan pengaruh terhadap transparansi keuangan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 17 Apr 2018 19:26
    Last Modified: 17 Apr 2018 19:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40863

    Actions (login required)

    View Item