PRIORITAS PEMELIHARAAN DAN REHABILITASI GEDUNG SEKOLAH DENGAN METODE DYNAMIC PROGRAMMING (Studi Kasus: SMP Negeri 4 Salatiga)

THOHIR, MUHAMMAD ABU (2018) PRIORITAS PEMELIHARAAN DAN REHABILITASI GEDUNG SEKOLAH DENGAN METODE DYNAMIC PROGRAMMING (Studi Kasus: SMP Negeri 4 Salatiga). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (98Kb)

    Abstract

    Tulisan ini membahas tentang keterbatasan anggaran pemerintah yang dialokasikan dalam pemeliharaan dan perawatan bangunan gedung. Untuk dapat mengoptimalkan keterbatasan anggaran yang ada, maka diperlukan pengambilan keputusan yang tepat. Sehingga anggaran yang terbatas tersebut benar-benar dapat terserap dengan optimal. Optimal di sini mengandung arti anggaran digunakan untuk melaksanakan kegiatan pemeliharaan atau rehabilitasi komponen bangunan gedung yang sesuai dan meminimalkan SILPA (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran) pada tahun berjalan. Untuk itu perlu ditentukan komponen gedung yang akan diprioritaskan untuk dilakukan pemeliharaan dan/atau perawatan. Bangunan sekolah merupakan salah satu bangunan gedung milik negara yang perlu mendapat perhatian dalam hal pemeliharaan. Ada beberapa kriteria yang dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan prioritas pemeliharaan dan perawatan bangunan gedung sekolah. Kriteria-kriteria tersebut antara lain tingkat kerusakan bangunan gedung, kebutuhan biaya pemeliharaan, dan bobot fungsional sub ruang pada bangunan sekolah. Salah satu metode yang dapat dipakai untuk menentukan prioritas pemeliharaan dan perawatan bangunan gedung yaitu dynamic programming. Hasil yang didapat dari analisis dengan metode dynamic programming yaitu berupa beberapa sub ruang pada gedung sekolah yang terpilih untuk dilakukan pemeliharaan dan/atau perawatan berdasarkan kriteria yang ditentukan. Hasil penelitian di SMP Negeri 4 Salatiga menunjukkan bahwa pada gedung sekolah tersebut terjadi kerusakan sebesar 56,852% dan diperlukan anggaran Rp 261.605.860,- untuk melakukan perbaikan. Dengan tersedianya anggaran sebesar Rp 150.000.000,- maka hanya 23 sub ruang yang dapat diperbaiki dari 44 sub ruang yang ada. Kata kunci: prioritas, pemeliharaan bangunan gedung, dynamic programming

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > TH Building construction
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Teknik Sipil - S2
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 17 Apr 2018 14:51
    Last Modified: 17 Apr 2018 14:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40860

    Actions (login required)

    View Item