Pelapisan Nanofiber Titanium Dioxide dengan Campuran Karbon (TiO2/C) di atas Substrat Fluorine-doped Tin Oxide (FTO) untuk Meningkatkan Efisiensi Dye Sensitized Solar Cell (DSSC)

KHAIR, MOHAMAD HAEKAL (2018) Pelapisan Nanofiber Titanium Dioxide dengan Campuran Karbon (TiO2/C) di atas Substrat Fluorine-doped Tin Oxide (FTO) untuk Meningkatkan Efisiensi Dye Sensitized Solar Cell (DSSC). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (860Kb)

    Abstract

    Nanofiber TiO2 dengan campuran karbon (TiO2/C) berhasil dibuat di atas kaca FTO menggunakan alat electrospinning. Bahan yang diguakan adalah ethanol, acetic acid, polyvynilpyrrolidone, titanium isopropoxide, dan karbon. Lapisan nanofiber TiO2/C dibuat dengan waktu pelapisan 15 menit. Proses annealing dilakukan menggunakan suhu 450oC dengan waktu tahan 3 jam. Selanjutnya, sampel direndam pada dye beta-carotene selama 24 jam. Karakterisasi absorbansi terhadap dye dan TiO2/C dilakukan menggunakan alat spectrophotometer UV-Vis. Karakterisasi morfologi dan ukuran diameter TiO2/C dilakukan menggunakan alat atomic force microscopy (AFM). Karakterisasi I-V meter dilakukan untuk menentukan efisiensi dari DSSC. Nilai puncak absorbansi terlihat pada panjang gelombang 300-350 nm untuk TiO2/C and 400-500 nm untuk dye. Lapisan nanofiber TiO2/C memiliki bentuk fiber yang pendek, terhubung satu sama lain dan memiliki kerapatan antar fiber yang besar. Ukuran dari nanofiber TiO2/C yaitu 91 nm, 234 nm, dan 1,1 µm. Efisiensi DSSC nanofiber TiO2/C lebih besar dibandingkan dengan efisiensi DSSC nanofiber TiO2. Hal ini diduga bahwa atom C memiliki peran dalam meningkatkan sifat fotokalitik di dalam struktur DSSC. Kata kunci : nanofiber TiO2, electrospinning, annealing, dye beta-carotene, karbon

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 17 Apr 2018 14:34
    Last Modified: 17 Apr 2018 14:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40857

    Actions (login required)

    View Item