Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Listrik Dinamis

PRIMADI, M. REZA (2018) Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (169Kb)

    Abstract

    Pembelajaran Fisika yang di terapkan di SMA PIRI 1 Yogyakarta belum mengunakan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang mengarahkan siswa belajar mandiri dan rendahnya kemampuan berpikir kreatif. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui desain rancangan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi listrik dinamis, (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi listrik dinamis, (3) mengetahui bahwa implementasi modul fisika berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model 4D Thiagarajan dengan tahap: define, design, develop, dan disseminate. Penelitian diawali dengan pembuatan draf modul, validasi ahli, guru, dan teman sejawat. Hasil revisi berupa draf modul I diujicobakan secara terbatas pada 10 siswa kemudian direvisi menjadi draf modul II. Tahap selanjutnya dilakukan uji coba lapangan pada 30 siswa dengan diberikan modul kemudian direvisi menjadi produk akhir. Tahap akhir modul disebarkan ke guru Fisika untuk mendapat umpan balik. Instrumen yang digunakan adalah angket, lembar validasi, lembar observasi, dan soal pretest dan post test. Analisis hasil angket, validasi, dan observasi dianalisis dengan metode diskriptif kualitatif berdasarkan skor kriteria, sedangkan uji coba lapangan menggunakan one group pretest-posttes design. Data kemampuan berpikir kreatif dihitung dengan gain ternormalisasi dan diuji dengan uji t dua sampel berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) pengembangan modul pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing didesain dengan tahapan pembelajaran: merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa, (2) modul memenuhi kriteria layak dari hasil validasi materi, media, praktisi pendidikan dan teman sejawat. Nilai rata-rata lebih besar dari nilai minimum kelayakan dengan katagori sangat baik, (3) implementasi modul fisika berbasis inkuiri terbimbing efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan pengujian lapangan di SMA PIRI 1 Yogyakarta. Kemampuan berfikir kreatif siswa mengalami peningkatan yang signifikan dalam kategori sedang.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LT Textbooks
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 17 Apr 2018 14:09
    Last Modified: 17 Apr 2018 14:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40849

    Actions (login required)

    View Item