Aspek-aspek Stilistika dan Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Kumpulan Puisi Nyanyian Akar Rumput Karya Wiji Thukul serta Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas

DEWI, LYSA NATALIA (2018) Aspek-aspek Stilistika dan Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Kumpulan Puisi Nyanyian Akar Rumput Karya Wiji Thukul serta Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1286Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang: (1) Penggunaan gaya bahasa; (2) Penggunaan diksi; (3) Penggunaan citraan; dan (4) Nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku kumpulan puisi Nyanyian Akar Rumput; serta (5) Relevansi buku kumpulan puisi Nyanyian Akar Rumput dengan pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini berbentuk deskripstif kualitatif dan dengan menggunakan pendekatan stilistika dan metode analisis isi. Sumber data adalah buku kumpulan puisi Nyanyian Akar Rumput karya Wiji Thukul. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka dan teknik wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Uji validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian yang dilakukan yaitu pengumpulan data, penyeleksian data, menganalisis data yang telah diseleksi, dan membuat laporan penelitian. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Total penggunaan gaya bahasa permajasan adalah sebanyak 162 data dari 26 gaya bahasa permajasan. Data yang paling banyak digunakan adalah gaya bahasa permajasan asonansi yaitu sebanyak 32 data atau 19.8%; (2) Total penggunaan diksi adalah sebanyak 25 data dari 4 diksi. Data yang paling banyak digunakan adalah kolokasi hiponim yaitu sebanyak 10 data atau 40%; (3) Total penggunaan citraan adalah sebanyak 66 data dari 5 citraan. Data yang paling banyak digunakan adalah citraan penglihatan yaitu sebanyak 36 data atau 55%; (4) Total penggunaan nilai pendidikan karakter adalah sebanyak 28 data dari 13 nilai pendidikan karakter. Data yang paling banyak ditemukan adalah nilai pendidikan karakter jujur yaitu sebanyak 9 data atau 32%; (5) Buku kumpulan puisi Nyanyian Akar Rumput relevan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Sesuai dengan kebahasaannya, Wiji Thukul menggunakan pilihan kata yang sederhana, tidak mengandung SARA dan unsur pornografi. Puisi-puisi tersebut juga sesuai dengan kondisi psikologis siswa, karena dengan membaca puisi-puisi tersebut siswa mendapatkan teladan tentang nilai pendidikan karakter toleransi, jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. Secara tidak langsung memberikan pengaruh positif bagi para siswa untuk lebih meningkatkan kualitasnya dalam berpartisipasi pada negara. Kata kunci: gaya bahasa, nilai pendidikan karakter, buku kumpulan puisi Nyanyian Akar Rumput, pembelajaran bahasa Indonesia. ABSTRACT Lysa Natalia Dewi. K1212044. ASSESSMENT OF STYLISTICS AND VALUE OF CHARACTER EDUCATION ON NYANYIAN AKAR RUMPUT’S BOOK OF POETRY BY WIJI THUKUL AND ITS RELEVANCE WITH INDONESIAN LANGUANGE LEARNING FOR SENIOR HIGH SCHOOL. Thesis, Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education of Sebelas Maret University, January 2018. This research aims to describe and explain about: (1) The use of the language style; (2) The use of the diction; (3) The use of the imagery; and (4) The value of character education contained on Nyanyian Akar Rumput’s book of poetry; and (5) Relevance of Nyanyian Akar Rumput’s book of poetry with Indonesian language learning at Senior High School. This research is in the form of descriptive qualitative and by using stilistika approach and a content analysis method. The source of the data is a Nyanyian Akar Rumput’s book of poetry by Wiji Thukul. The Techniques of collecting data using library techniques and interview techniques. The sampling technique use purposive sampling technique. The used validity test is source triangulation and theory triangulation. The used data analysis technique are data reduction, data presentation, and conclusion. The research procedure consists of several phases. The phases is data collection, data selection, analyzing the selected data, and making research report. Based on the results of this study can be summarized that: (1) The total use of language style is as much as 162 data from 26 speech of language. The most widely used data is the speech of the language ascetic aggregation that is as much as 32 data or 19.8%; (2) The total use of diction is about 25 data from 4 diction. The most widely used data is collocation of hyponim that is as much as 10 data or 40%; (3) Total use of imagery is as much as 66 data from 5 images. The most widely used data is visual image that is 36 data or 55%; (4) The total use of the character education value is as much as 28 data from 13 character education values. The most found data is the value of honest character education that is 9 data or 32%; (5) Nyanyian Akar Rumput’s book of poetry is relevant to Indonesian language learning in senior high school. In accordance with the language, Wiji Thukul using a simple diction, do not contain SARA and elements of pornography. It makes students do not encounter obstacles in understanding the meaning of the poems. That poems also fit the psychological condition of the students, because by reading the poems the students get an example of the value of education of the character of tolerance, honesty, discipline, hard work, independent, democratic, curiosity, love homeland, friendship /communicative, love peace, social care, and responsibility. Indirectly give a positive influence for students to further improve their quality in participating in the country. Keywords: language style, character education value, Nyanyian Akar Rumput’s book of poetry, Indonesian language learning

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LT Textbooks
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 17 Apr 2018 13:58
    Last Modified: 17 Apr 2018 13:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40846

    Actions (login required)

    View Item