Teknik permainan tradisional engklek untuk meningkatkan motorik kasar peserta didik kelas I SD Negeri 01 Danyang Purwodadi

Oktaria, Liedya Lawrensi (2018) Teknik permainan tradisional engklek untuk meningkatkan motorik kasar peserta didik kelas I SD Negeri 01 Danyang Purwodadi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (422Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik permainan tradisional engklek untuk meningkatkan motorik kasar (peserta didik kelas I SD Negeri 01 Danyang Purwodadi tahun ajaran 2016/2017). Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen menggunakan design one grup pretest posttest design, subjek penelitian adalah peserta didik kelas I SD Negeri 01 Danyang. Subjek diperoleh dari peserta didik kelas I SD yang berjumlah 29 orang diberikan pretest menggunakan checklist motorik kasar dan diperoleh 12 orang peserta didik yang termasuk kategori memiliki motorik kasar rendah, atas dasar saran dari guru kelas I SD Negeri 01 Danyang semua peserta didik diberi treatment, mengingat 29 peserta didik adalah jumlah yang kecil dan semuanya tertarik untuk diberi treatment yang berupa permainan tradisional engklek, untuk itu seluruh peserta didik kelas I SD yang berjumlah 29 orang diberi treatment permainan tradisional engklek. Hipotesis dalam penelitian ini untuk menguji keefektifan permainan tradisional engklek untuk meningkatkan motorik kasar, uji hipotesis menggunakan teknik analisis statistik non-parametrik uji Wilcoxon. Hasil analisis dengan uji Wilcoxon menunjukkan Z -3,071 dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan skor pretest sesudah diberi perlakuan berupa permainan tradisional engklek. Hasil penelitian dengan analisis wilcoxon yang diperoleh nilai signifikansi 0.002 < 0.05 menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil pretest dengan posttest setelah diberikan treatment. Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui permainan tradisional engklek dapat meningkatkan motorik kasar peserta didik kelas I SD Negeri 01 Danyang Purwodadi tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci : Permainan Engklek, Motorik kasar, Sekolah Dasar. ABSTRACT LiedyaLawrensiOktaria K3112045. “ENGKLEK” TRADITIONAL GAME TECHNIQUE TO IMPROVE THE GROSS MOTOR SKILL OF THE FIRST GRADE STUDENTS OF DANYANG 01 ELEMENTARY SCHOOL PURWODADI.Thesis, Surkarta.Faculty of Teacher Training and Eduction, SebelasMaret University, Surakarta, Desember 2017. The research aims to test the effectiveness of “Engklek”Traditional Game Technique to Improve the Gross Motor Skill on the First Grade Students of Danyang 01 Elementary School Purwodadi in Academic Year 2016/2017. This reserch was a pre-experimental research by using one-group pretest nd posttest design, the subjects of this research are the first grade students of Danyang 01 Elementary School Purwodadi. The subjects were the first grade of elementary students consist of 29 students by using questionnaire and acquired 12 students categorized as students with low gross motor skill, based on the teacher’s suggestion of the first grade students of Danyang 01 Elementary School Purwodadi, all of the students were given treatment, considering the 29 students is a small population and all of them are interested in getting the treatment which was a traditional game called “Engklek”. The research hypothesis is to test the effectiveness of the traditional game called “Engklek” to improve the students’ motor skill, the test hypothesis using Wilcoxon’s non-parametric statistical analysis technique. The result of analysis showed Z -3,071 and can be concluded that the score improvement in posttest after treated with the traditional game called “Engklek.” The result of the research with Wilcoxon analysis got 0,002 < 0,05 significant score. It shows that there is a difference between the result of pretest with posttest after giving treatment. From the result of the anlysis can be concluded that “Engklek” traditional game technique can improve the Gross Motor Skill of the First Grade Students of Danyang 01 Elementary School Purwodadi in Academic Year 2016/2017. Keywords: traditional engklek game, gross motor skill, elementary school.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 17 Apr 2018 13:51
    Last Modified: 17 Apr 2018 13:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40844

    Actions (login required)

    View Item