KEARIFAN LOKAL DAN NILAI KETELADANAN DALAM NOVEL GENDUK KARYA SUNDARI MARDJUKI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA (KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA)

ALFAYANTI, LERRY (2018) KEARIFAN LOKAL DAN NILAI KETELADANAN DALAM NOVEL GENDUK KARYA SUNDARI MARDJUKI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA (KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (115Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan dan menjelaskan wujud kearifan lokal yang terkandung dalam novel Genduk karya Sundari Mardjuki; 2) mendeskripsikan dan menjelaskan makna simbolik ritual among tebal dalam novel Genduk karya Sundari Mardjuki; 3) mendeskripsikan dan menjelaskan nilai keteladanan tokoh yang terdapat dalam novel Genduk karya Sundari Mardjuki; dan 4) mendeskripsikan dan menjelaskan relevansi hasil temuan kearifan lokal dan nilai keteladanan tokoh dalam novel Genduk karya Sundari Marjduki dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan analisis isi (content analysis) dan pembacaan mendalam. Adapun cara menguji validitas data adalah dengan triangulasi data dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) wujud kearifan lokal yang terdapat di dalam novel Genduk dikategorikan ke dalam tiga wujud yaitu (1) kompleksitas ide yang terdiri atas a) hakikat hidup manusia, b) hakikat karya manusia, c) hakikat kedudukan manusia dengan ruang dan waktu, d) hakikat hubungan manusia dengan alam sekitarnya, dan e) hakikat hubungan manusia dengan sesamanya, (2) kompleksitas aktivitas yang terdiri atas a) aktivitas kekerabatan, b) aktivitas ekonomi, c) aktivitas pendidikan, d) aktivitas estetika dan rekreasi, e) aktivitas somatis, dan f) aktivitas religi, (3) kompleksitas kearifan yang berwujud hasil budaya yang terdiri atas a) kearifan lokal berbentuk bahasa, b) kearifan lokal berbentuk sistem pengetahuan, c) kearifan lokal berbentuk organisasi sosial, d) kearifan lokal berbentuk teknologi, e) kearifan lokal berbentuk sarana religi, f) kearifan lokal berbentuk kesenian; 2) makna simbolik ritual among tebal dalam novel Genduk yang terdiri atas makna simbolik sesaji ritual, makna simbolik doa ritual, dan makna simbolik prosesi pelaksanaan ritual among tebal; 3) nilai keteladanan yang terdapat di dalam novel Genduk antara lain a) religius, b) bertanggung jawab, c) menghormati orang tua, d) mandiri, e) kerja keras, f) peduli lingkungan, g) gotong-royong, dan h) menghargai prestasi; 4) relevansi hasil temuan penelitian tentang kearifan lokal dan nilai keteladanan dalam novel Genduk dapat diperuntukkan sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di SMA, baik kelas X, XI, maupun XII yang berkaitan dengan kompetensi dasar mengapresiasi karya sastra. Kata kunci: kearifan lokal, nilai keteladanan, novel Genduk

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 17 Apr 2018 13:43
    Last Modified: 17 Apr 2018 13:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40842

    Actions (login required)

    View Item