PENERAPAN ASAS PERADILAN SEDERHANA, CEPAT, DAN BIAYA RINGAN DALAM PEMBATALAN PUTUSAN ARBITRASE OLEH PENGADILAN NEGERI JAKARTA PUSAT (STUDI PUTUSAN NOMOR 24/PDT.ARB/2015/PN.JKT.PST)

W, KRISNA CATRI AYU K (2018) PENERAPAN ASAS PERADILAN SEDERHANA, CEPAT, DAN BIAYA RINGAN DALAM PEMBATALAN PUTUSAN ARBITRASE OLEH PENGADILAN NEGERI JAKARTA PUSAT (STUDI PUTUSAN NOMOR 24/PDT.ARB/2015/PN.JKT.PST). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1097Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan asas peradilan sederhana, cepat, dan biaya ringan dalam proses pemeriksaan permohonan pembatalan putusan arbitrase dalam perkara Nomor : 24/Pdt.Arb/2015/PN.Jkt.Pst. di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan pada tahapan mana asas tersebut diterapkan. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen atau studi kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dengan menggunakan pola berpikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asas sederhana, cepat, dan biaya ringan dalam pemeriksaan pembatalan putusan arbitrase Nomor : 24/Pdt.Arb/2015/PN.Jkt.Pst. telah diterapkan sekalipun adanya intervensi dan adanya pihak yang berada diluar wilayah Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dalam perkara ini. Penerapan asas sederhana, cepat, dan biaya ringan terlihat pada tahapan pendaftaran berkas permohonan sampai dengan penetapan hari sidang, proses jawab menjawab antara para pihak, dan pada tahapan akhir pemeriksaan yaitu kesimpulan dan putusan. Kata Kunci : Asas sederhana cepat dan biaya ringan, arbitrase, pembatalan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 17 Apr 2018 13:29
    Last Modified: 17 Apr 2018 13:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40838

    Actions (login required)

    View Item