KARAKTERISTIK BAHASA INDONESIA LOGAT PAPUA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR MATA KULIAH SOSIOLINGUISTIK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS SEBELAS MARET

PRIHAPSARI, IRA (2018) KARAKTERISTIK BAHASA INDONESIA LOGAT PAPUA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR MATA KULIAH SOSIOLINGUISTIK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (132Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) karakteristik bahasa Indonesia logat Papua; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya karakteristik bahasa Indonesia logat Papua; dan (3) relevansi karakteristik bahasa Indonesia logat Papua sebagai materi ajar mata kuliah sosiolinguistik di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Penelitian ini mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik bahasa Indonesia logat Papua yang diperoleh dari peristiwa tutur masyarakat. Pengambilan sampel penutur Papua meliputi beberapa tempat, yaitu: (1) Jalan Pemuda, Kelurahan Oyehe, Distrik Nabire; (2) Pasar Tradisional Oyehe; (3) Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire; (4) Balai Kampung Kimi, Distrik Teluk Kimi, Kabupaten Nabire; (5) SMP Negeri 7 Nabire; dan (6) SD Negeri Boratei. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sumber data yang digunakan berupa peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara, dan dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model alir. Hasil penelitian ini adalah deskripsi tentang: (1) karakteristik bahasa Indonesia logat Papua dibedakan berdasar unsur linguistik dan nonlinguistik. Unsur linguistik meliputi; (a) penggantian fonem; (b) penggantian diftong; (c) pelesapan fonem; (d) penggunaan intonasi. Unsur nonlinguistik berupa peristiwa tutur dan paralinguistik; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya karakteristik bahasa Indonesia logat Papua, yaitu; (a) kesatuan administratif; (b) rasa identitas komunitas yang khusus; (c) tinggal di wilayah geografi yang sama; (d) pengalaman sejarah; (3) bahasa Indonesia logat Papua memiliki relevansi sebagai materi ajar mata kuliah sosiolinguistik di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret. Kata kunci: karakteristik bahasa Indonesia, logat, sosiolinguistik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 16 Apr 2018 22:58
    Last Modified: 16 Apr 2018 22:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40832

    Actions (login required)

    View Item