Pengembangan Modul Berbasis Inquiry Based Instructions (IBI) untuk Memberdayakan Kemampuan Bertanya Siswa Kelas Xi IPA Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia

T, I NYOMAN TRI BAYU (2018) Pengembangan Modul Berbasis Inquiry Based Instructions (IBI) untuk Memberdayakan Kemampuan Bertanya Siswa Kelas Xi IPA Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1161Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui karakteristik, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan modul sains berbasis IBI untuk memberdayakan kemampuan bertanya siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Madiun pada pokok materi Sistem Ekskresi Manusia. Modul berbasis IBI dikembangkan dengan prosedur Borg dan Gall (1983) yang telah dimodifikasi meliputi sembilan tahap yaitu: (1) Mengumpulkan informasi; (2) Perencanaan; (3) Mengembangkan produk awal; (4) Uji coba lapangan permulaan; (5) Revisi produk awal; (6) Uji lapangan terbatas; (7) Revisi produk kedua; (8) Uji lapangan operasional; (9) Revisi produk akhir. Uji coba operasional menggunakan metode eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Penentuan subjek penelitian menggunakan cluster random sampling technique didapatkan 36 siswa kelas XI MIA 4 (kelas eksperimen) dan 36 siswa kelas XI MIA 6 (kelas kontrol). Pengumpulan data menggunakan teknik tes (soal pilihan ganda) dan non tes (wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi). Analisis data dilakukan menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kemampuan bertanya siswa selanjutnya dihitung N-Gain, dan diuji statistik Mann Whitney test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) karakteristik modul berbasis IBI yang dikembangkan pada materi Sistem Ekskresi Manusia kelas XI yaitu sesuai sintaks IBI meliputi: Observing, devising qouestion, developing hyphothesis, formulating strategies for testing, performing the tests, analyzing data, dan communicating data untuk memberdayakan kemampuan bertanya siswa; 2) pengembangan modul sains berbasis IBI telah divalidasi ahli (90,63%): ahli materi, ahli disain dan penyajian, ahli perangkat pembelajaran, dan ahli bahasa, praktisi pendidikan (94,48%), serta uji skala kecil oleh siswa (81,19%) dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran biologi kelas XI; dan 3) modul sains berbasis IBI efektif dalam memberdayakan kemampuan bertanya siswa berdasarkan hasil N-Gain kelas eksperimen (0,92) berkategori tinggi dan kelas kontrol (0,21) berkategori rendah serta hasil Mann-Whitney test nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan beda nyata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: modul sains, model IBI, kemampuan bertanya, sistem ekskresi manusia

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LT Textbooks
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 16 Apr 2018 22:01
    Last Modified: 16 Apr 2018 22:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40824

    Actions (login required)

    View Item