UPAYA PEMERINTAH DALAM PELAKSANAAN REDUCE IMPACT LOGGING-CARBON (RIL-C) DI INDONESIA DALAM ANTISIPASI PERUBAHAN IKLIM DI INDONESIA

SARI, HALIMAH RATNA (2018) UPAYA PEMERINTAH DALAM PELAKSANAAN REDUCE IMPACT LOGGING-CARBON (RIL-C) DI INDONESIA DALAM ANTISIPASI PERUBAHAN IKLIM DI INDONESIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (602Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh upaya Pemerintah terhadap pelaksanaan kegiatan penebangan dengan cara Impact Logging-Carbon (RIL-C) di Indonesia sebagai antisipasi perubahan iklim di Indoesia serta untuk mengetahui hambatan apa saja dalam pelaksanaan RIL-C di Indonesia. Tujuan yang lainnya untuk mengetahui seberapa jauh penting adanya peraturan dari Pemerintah dalam pelaksanaan kegiatan penebangan hutan dengan konsep Reduce Impact Logging-Carbon (RIL-C). Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif, bersifat preskriptif yaitu dengan menggunakan sumber-sumber bahan hukum, baik bahan hukum primer maupun bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara studi kepustakaan baik berupa buku-buku, dokumen, serta pengumpulan data melalui Cyber Media. Dalam penulisan hukum ini, penulis menggunakan teknik deduksi berdasarkan metode penalaran deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa, pemerintah sudah ada usaha dalam pelaksanaan Reduce Impact Logging-Carbon (RIL-C) meskipun belum ada peraturan khusus yang dibuat berkaitan dengan pelaksanaan Reduce Impact Logging-Carbon (RIL-C) sebagai aksi nasional untuk menekan emisi gas rumah kaca dalam mencegah perubahan iklim serta sebagai bentuk pelaksanaan dari pengelolaan hutan lestari. Kata Kunci : Reduced Impact Logging Carbon (RIL-C), perubahan iklim, pengelolaan hutan lestari.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 16 Apr 2018 21:21
    Last Modified: 16 Apr 2018 21:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40815

    Actions (login required)

    View Item