PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN TUNGKAI BENGKOK PADA SISWA KELAS X-4 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2016/2017

W, GILANG ABDI WISNU (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN TUNGKAI BENGKOK PADA SISWA KELAS X-4 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (649Kb)

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan tungkai bengkok melalui model pembelajaran tipe example non example pada siswa kelas X-4 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas X-4 yang berjumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan peneliti. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik persentase. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar senam lantai guling depan tungkai bengkok sebagai berikut. Pada prasiklus persentase tuntas 41,67% atau 15 siswa, belum tuntas 58,33% atau 21 siswa. Pada siklus I presntase ketuntasan 63,88% atau 23 siswa, belum tuntas 36,11% atau 13 siswa. Pada siklus II presentase ketuntasan 83,33% atau 30 siswa, belum tuntas 16,66% atau 6 siswa. Hasil belajar senam lantai guling depan tungkai bengkok telah tercapai sesuai target yang diinginkan pada siklus II dengan KKM 75. Berdasarkan hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan hasil belajar guling depan tungkai bengkok pada siswa kelas X-4 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci : Hasil belajar, senam lantai guling depan tungkai bengkok, Model Pembelajaran Example non Example.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 16 Apr 2018 00:27
    Last Modified: 16 Apr 2018 00:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40806

    Actions (login required)

    View Item