Analisis Tata Ruang Kantor dalam Mencapai Kenyamanan Kerja dan Optimalisasi Kinerja Pegawai di Sub Bagian Humas dan Protokol

OKTAVIANT, FIRDA NOOR (2018) Analisis Tata Ruang Kantor dalam Mencapai Kenyamanan Kerja dan Optimalisasi Kinerja Pegawai di Sub Bagian Humas dan Protokol. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (763Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) asas-asas tata ruang kantor yang telah ditetapkan dalam penataan ruang Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Kota Surakarta. (2) faktor pendorong tercapainya kenyamanan kerja pegawai di Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Kota Surakarta. (3) desain tata ruang kantor yang efektif yang dapat membuat kinerja pegawai di Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Kota Surakarta menjadi optimal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan studi kasus dengan strategi tunggal terpancang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan snow ball sampling. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa, serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi data. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis model interaktif, adapun langkah-langkah model ini adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penataan ruang kantor di Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Kota Surakarta belum sepenuhnya menerapkan asas-asas tata ruang kantor yaitu asas jarak terpendek dan asas perubahan susunan kerja. Letak dan jarak meja tamu yang terlalu dekat dengan Kasubbag dan Staf terlalu dekat dan letak meja komputeryang cukup jauh membuat staf harus banyak bergerak. Faktor pendorong tercapainya kenyamanan kerja di Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Kota Surakarta adalah faktor non fisik dan fisik. Faktor non fisik adalah rasa kekeluargaan yang dirasakan setiap staf di sub bagian humas dan protokol. Selain itu, faktor fisik adalah cahaya, ventilasi udara dan AC, warna cat tembok sudah cukup memenuhi standar yang baik untuk mendorong staf lebih nyaman dalam melakukan pekerjaannya. Kenyamanan yang dirasakan staf tersebut juga berpengaruh terhadap kualitas kinerja staf sehingga kinerja menjadi optimal. Tata ruang kantor yang efektif untuk ruangan Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Kota Surakarta adalah penempatan komputer yang diletakkan sesuai dengan kebutuhan staf yang sering menggunakannya. Hal tersebut bertujuan agar memudahkan staf dalam melaksanakan pekerjaannya sehingga hasil kinerja staf dapat optimal. Kata Kunci : tata ruang kantor, kenyamanan kerja, optimalisasi kinerja

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Administrasi Perkantoran
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 15 Apr 2018 23:31
    Last Modified: 15 Apr 2018 23:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40798

    Actions (login required)

    View Item