STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN SIKLUS BELAJAR 5E DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Fitriani, Febi Nur (2018) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN SIKLUS BELAJAR 5E DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (866Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siklus belajar 5E terhadap prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (2) pengaruh kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (3) interaksi model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siklus belajar 5E dengan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. Siswa kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 7 terpilih sebagai sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen tes untuk mengukur kemampuan matematika dan prestasi aspek pengetahuan, angket dan observasi untuk aspek sikap serta observasi untuk aspek keterampilan. Analisis data prestasi aspek pengetahuan dan keterampilan menggunakan analisis variansi (anava) dua jalan dengan desain faktorial 2 x 2, sedangkan analisis data prestasi aspek sikap menggunakan uji statistik non parametrik Kruskal Wallis H. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian yaitu: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siklus belajar 5E terhadap prestasi belajar siswa aspek pengetahuan dengan model siklus belajar 5E memiliki rata-rata lebih baik, tetapi tidak untuk aspek sikap dan keterampilan (2) terdapat pengaruh kemampuan matematika terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan dan kategori tinggi lebih baik dari kategori rendah, sedangkan pada aspek sikap dan keterampilan tidak ada pengaruh (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siklus belajar 5E dengan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 15 Apr 2018 22:46
    Last Modified: 15 Apr 2018 22:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40793

    Actions (login required)

    View Item