ARGUMENTASI KASASI PENUNTUT UMUM ATAS DASAR JUDEX FACTI MENGABAIKAN ALAT BUKTI PETUNJUK DAN PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG MEMUTUS PERKARA PEMALSUAN SURAT (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1100K/PID/2015)

Vergadinata, Fadly Raiz (2018) ARGUMENTASI KASASI PENUNTUT UMUM ATAS DASAR JUDEX FACTI MENGABAIKAN ALAT BUKTI PETUNJUK DAN PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG MEMUTUS PERKARA PEMALSUAN SURAT (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1100K/PID/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (784Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan pengajuan Kasasi oleh Penuntut Umum atas dasar Judex Facti mengabaikan alat bukti petunjuk dan Pertimbangan Mahkamah Agung dalam memutus perkara pemalsuan surat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum normatif, bersifat preskriptif dan terapan. Dengan pendekatan/studi kasus, menggunakan bahan hukum primer dan sekunder, teknik pengumpulan bahan hukum dengan studi dokumen/ pustaka. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu dengan metode silogisme yang menggunakan pola berpikir deduktif, berdasarkan premis mayor yaitu peraturan Perundang-Undangan yang relevan dan premis minor fakta hukum dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor 1100K/Pid/2015 dapat di tarik konklusi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan bahwa Penuntut Umum mengajukan Kasasi dengan alasan Judex Facti tidak cermat menilai alat bukti petunjuk, telah sesuai ketentuan Pasal 253 ayat (1) huruf a KUHAP. Judex Facti dalam mengadili perkara a quo salah dalam menerapkan hukum tidak tepat menentukan dasar kesalahan Terdakwa yaitu tidak menerapkan ketentuan Pasal 185 Ayat (6) KUHAP dan tidak menerapkan ketentuan Pasal 188 Ayat (1), (2) KUHAP. Pertimbangan Mahkamah Agung dalam memutus permohonan Kasasi sesuai Pasal 256 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP , yaitu Mahkamah Agung mengabulkan permohonan Kasasi Penuntut Umum dan membatalkan putusan bebas Pengadilan Negeri Jakarta Barat Nomor 78/Pid.B/2015/PN.Jkt.Brt. menyatakan Terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana “Pemalsuan Surat”,menjatuhkan putusan pemidanaan kepada Terdawa selama 6 (enam) bulan Kata kunci : Kasasi, Alat Bukti Petunjuk, Tindak Pidana Pemalsuan Surat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 15 Apr 2018 21:50
    Last Modified: 15 Apr 2018 21:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40784

    Actions (login required)

    View Item