ANALISIS EFISIENSI BELANJA DAERAH URUSAN PENDIDIKAN DAN KESEHATAN DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA): STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA BARAT

W, MUHAMMAD FUZY (2018) ANALISIS EFISIENSI BELANJA DAERAH URUSAN PENDIDIKAN DAN KESEHATAN DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA): STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA BARAT. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (732Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efisiensi belanja pemerintah daerah di bidang pendidikan dan kesehatan menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA). Metode DEA dapat mengukur efisiensi dari entitas pemerintah dengan menggunakan banyak input dan output. Hal ini sesuai dengan karakter pemerintah yang memiliki tugas untuk menyediakan berbagai pelayanan publik untuk memecahkan masalah kompleks di masyarakat. Ukuran efisiensi yang dihasilkan oleh DEA adalah ukuran relatif, dibandingkan dengan Decision Making Unit (DMU) yang memiliki efisiensi tertinggi di antara DMU lainnya dalam sampel, sehingga hasilnya akan berbeda jika sampel berubah. Oleh karena itu, dalam pemilihan DMU harus didasarkan pada karakteristik yang sama. Hasil DEA dapat digunakan untuk mengidentifikasi input atau output mana yang harus ditingkatkan jika DMU perlu meningkatkan efisiensi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam rentang waktu tahun 2014 sampai dengan 2016 Kota Banjar adalah satu-satunya DMU yang mempunyai nilai paling efisien secara relatif baik di sektor pendidikan maupun kesehatan. Metode DEA dapat digunakan oleh pemerintah untuk menciptakan iklim anggaran yang efisien dalam bidang pelayanan publik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 15 Apr 2018 15:38
    Last Modified: 15 Apr 2018 15:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40782

    Actions (login required)

    View Item