Studi Komparasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dan Learning Together Dikombinasi dengan Drill and Practice Terhadap Prestasi Belajar Kimia Pada Materi Hidrolisis Garam Ditinjau dari Keterampilan Proses Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajran 2016/2017

FUJIYANTI, MITA (2018) Studi Komparasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dan Learning Together Dikombinasi dengan Drill and Practice Terhadap Prestasi Belajar Kimia Pada Materi Hidrolisis Garam Ditinjau dari Keterampilan Proses Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (998Kb)

    Abstract

    Mita Fujiyanti. K3313046. STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN LEARNING TOGETHER DIKOMBINASIKAN DENGAN DRILL AND PRACTICE TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI MIA SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberikan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan Learning Together dikombinasikan dengan Drill and Practice; (2) perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki keterampilan proses tinggi dan keterampilan proses rendah; dan (3) interaksi antara pembelajaran Learning Cycle 5E dan Learning Together dikombinasi dengan Drill and Practice dengan keterampilan proses siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Sampel terdiri dari 2 kelas siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, tes tertulis, angket dan observasi. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis varian dua jalan dengan desain faktorial 2x2 dan taraf signifikansi 5%. Uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas dilakukan dengan menggunakan software SPSS 19. Berdasarkan hasil penelitian pada materi hidrolisis garam kelas XI MIA SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberikan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan Learning Together dikombinasikan dengan Drill and Practice terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan dan sikap siswa pada materi pokok hidrolisis garam kelas XI MIA SMA Negeri 5 Surakarta, tetapi tidak terdapat perbedaan terhadap aspek keterampilan siswa; (2) terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki keterampilan tinggi dengan siswa yang memiliki keterampilan proses rendah pada aspek pengetahuan, aspek sikap dan aspek keterampilan pada materi hidrolisis garam kelas XI MIA SMA Negeri 5 Surakarta; dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran Learning Cycle 5E (Kelas Eksperimen I) dan Learning Together yang dikombinasikan dengan Drill and Practice (Kelas Eksperimen II) dengan keterampilan proses siswa terhadap prestasi belajar aspek keterampilan siswa pada materi pokok hidrolisis garam kelas XI MIA SMA Negeri 5 Surakarta, tetapi tidak terdapat interaksi terhadap aspek pengetahuan dan aspek sikap siswa. Kata kunci : Learning Cycle 5E, Learning Together, Drill and Practice, Keterampilan Proses, Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Zainur Rohman
    Date Deposited: 15 Apr 2018 15:03
    Last Modified: 15 Apr 2018 15:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40776

    Actions (login required)

    View Item