Pengembangan Panduan Sikap Tanggung Jawab Kesiapan Kerja Dengan Teknik Self Management Peserta Didik SMK

S, MAYANGSARI PUTRI (2018) Pengembangan Panduan Sikap Tanggung Jawab Kesiapan Kerja Dengan Teknik Self Management Peserta Didik SMK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (364Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (364Kb)

      Abstract

      Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan serta kepentingan peserta didik terhadap layanan Bimbingan dan Konseling dan mengembangkan buku panduan untuk mengembangkan sikap tanggung jawab kesiapan kerja dengan teknik self management siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (Research and Develpoment). Penelitian yang dilakukan sampai pada tahap menghasilkan prototipe-1 yaitu berupa buku panduan pengembangan sikap tanggung jawab kesiapan kerja dengan teknik self management untuk siswa yang berbasis kajian teoritik dan empirik dan siap diuji validitas, kepraktisan dan keefektifannya. Pengumpulan data dilakukan dengan angket kebutuhan dan kepentingan siswa untuk mengetahui tingkat kebutuhan dan kepentingan siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis faktorial dan prosentase dan perangkingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada kebutuhan dan kepentingan siswa terhadap pengembangan sikap tanggung jawab kesiapan kerja, orang tua, dan guru BK berdasarkan hasil kajian teoritik dan empirik dan (2) berdasarkan kajian empirik dan teoritis tersebut penelitian ini menghasilkan prototipe satu berupa“Panduan pengembangan Sikap Tanggung Jawab Kesiapan Kerja dengan Teknik Self Management”.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
      Depositing User: Zainur Rohman
      Date Deposited: 15 Apr 2018 14:43
      Last Modified: 15 Apr 2018 14:43
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/40770

      Actions (login required)

      View Item